ETIKA KOREA & INDONESIA BEDA YA BUND ft. @Borassaem : OfCOS TV @Danielle Lee Ai

17 Nov 2020
382 300 Ditonton

#budayaKorea #budayaIndonesia #인도네시아예절 #한국예절 #etikaKorea
Hai guys! Kali ini aku collab bareng onni onni cantik wkwk kita mo debut nih gengs gimana dong
Business inquiries:
IG: @pris421
Email: prayer421@gmail.com

Komentar
  • Kalo dalam islam, etika makan yg bener harus yang lebih tua dulu, baru yang paling tua😌👍

    Dinda TsaniaDinda Tsania3 jam yang lalu
  • Salaman bukan hanya guru sama orang tua aja kak .. di jawa semua wajib dihormati .. bahkan kalo ketemu nenek bisa aja salaman / cium tangan .. ketemu polisi seperti demo kemarin anak smk juga salim pak polisi .. lumrah jawaban kakak indonesia begitu .. kan mereka kurang menjiwai ke indonesia annya

    mas eky cakepmas eky cakep7 jam yang lalu
  • Lumrah kalau jawaban dari kakak indonesia kurang tepat .. maklum lah mereka kan generasi milenial .. adatnya tergerus oleh budaya luar .. coba kalo colab sama budayawan , atau orang yg lebih tua pasti jawabannya akurat

    mas eky cakepmas eky cakep7 jam yang lalu
  • Kalau ga suka ga usah nyinggung orang jawa sunda dan masih ada lagi itu diwajibkan bagi yang lebih tua salam cium tangan

    Yuni WahyuniYuni Wahyuni7 jam yang lalu
  • Mening ngan lujadi orang korea

    Puji RahayuPuji Rahayu9 jam yang lalu
  • Songong

    Puji RahayuPuji Rahayu9 jam yang lalu
  • Kan orang korea agama nya haram dan keristen,

    Puji RahayuPuji Rahayu9 jam yang lalu
  • Dikirain lu mau jadi orang korea belain tu korea

    Puji RahayuPuji Rahayu9 jam yang lalu
  • Kk buat laik lagi dong plis

    DHEA PutriDHEA Putri12 jam yang lalu
  • di daerahku kalau makan bersama, yg lbh tua harus menyantap makanan terlebih daulu baru diikuti yg muda. terus mesti pakai tangan

    kakak idakakak ida14 jam yang lalu
  • Ka bora pas bungkuk😭😭😭

    anastasia rainataanastasia rainata16 jam yang lalu
  • Jika mbak indonesia nya kan hanya menjelaskan yang terjadi di jakarta , dan mungkin tidak sampai detail dwngan kebiasaan adat istiadat di tempat lain di indonesia ...

    Desrizaldy sofyanDesrizaldy sofyanHari Yang lalu
  • Demi tuhan ngakak banget sampe mo pipis🤣🤣 Dari mulai borassaem nunduk 95° gue kira borassaem pingsan apa gimana ampe nunduk banget🤣 Trus UDEL INSA yatuhaaannnn ga kebayang😭🤣🤣🤣🤣🤣 Keras perut gue ngakak mulu astaga

    Imaniar IndahImaniar IndahHari Yang lalu
  • Fix! Klo ke korea makanannya bawa aja kerumah:) klo di luar kuahnya gk bisa di sruput sruputt')

    Arrlin Nur sabrinaArrlin Nur sabrinaHari Yang lalu
  • Kagak parah yang ketawa pasti bicaranya didalam hati -_-

    Filza putri hidayatFilza putri hidayatHari Yang lalu
  • Cuma 9 menit tp ngakak teros !! 🤣🤣🤣

    Caroline MaliluanCaroline MaliluanHari Yang lalu
  • Ngumbar aib

    Dedi IrawanDedi IrawanHari Yang lalu
  • Cium tangan bukan untuk org tua atau guru aja kok, tetapi mencium tangan org yg lebih tua dari Qt. Itu sdh menjadi budaya Indonesia dari dlu!!

    Heriani MuhammadHeriani MuhammadHari Yang lalu
  • Tarik sis😂👍

    Aryo BimBimAryo BimBimHari Yang lalu
  • Heboh amat ngomongnya 😂

    Muh RafiMuh RafiHari Yang lalu
  • *"annyongaseo semongko ibnida"* ngakak😭😭

    the prospective bodythe prospective bodyHari Yang lalu
  • Kita org indo salim g hanya sm org tua n guru aja..tetapi dgn org yg lbh tua dr kita. N salim yg benar bukan ke pipi atau ke jidat tetapi ke hidung...

    ewwy akbarewwy akbarHari Yang lalu
  • gelis euy

    Debi ArdillaDebi ArdillaHari Yang lalu
  • Astaga

    Jan KovlacJan Kovlac2 hari yang lalu
  • Itu yg orang indo 2 atraktif bgt

    suryo eko nugrohosuryo eko nugroho2 hari yang lalu
  • Kk belajar bahasa korea dong

    Nadia SafitriNadia Safitri2 hari yang lalu
  • Maaf nih ya meskipun indo ada perilaku tidak sopan kita minta maaf sebagai warga +62 Tapi asli ny orang indo tidak seperti yg kalian lihat jadi tolong jangan liat warga indo dari luar aj liat dari dalam nya juga 😊🙏

    Muhammad HudaMuhammad Huda2 hari yang lalu
  • 0:55 Ngakak sama kak borra😭😭😂😂😂😂✌️

    Ãêsthxtic_ Txssä235Ãêsthxtic_ Txssä2352 hari yang lalu
  • Klo aku tetep salim sama orang yang nggak dikenal...........Waktu aku dateng ke Acara temen ibuku....aku nggak kenal sama temenya..cuma sebagian aku kenalnya.....tapi aku tetep salim......Biar keliatan ALIM(nggak sih emang disuruh+disekolah gitu)😊😊

    wening ayuwening ayu2 hari yang lalu
  • 5:52 ya ampun kak ai 😂😂😂😂😂

    Apri121 MajlisApri121 Majlis2 hari yang lalu
  • Salim itu salam kepada seorang yang umumnya lebih tua dan dihormati. Berlaku juga istri yang salim sama suami.

    me asoyme asoy2 hari yang lalu
  • Udel,ya Allah lindungilah mereka AMIN........

    April YaniApril Yani2 hari yang lalu
  • Etika salam nya tuh kayak etika di jogja :) Aku aja tiap ketemu siapapun tunduk dan senyum.. Siapapun itu, hehe

    Kkaepjjang YA!Kkaepjjang YA!2 hari yang lalu
  • Yup. Saya tidak nyaman ama noisesnya klo nonton mukbang. Samaaaa skaaaalii

    Rose EmiliaRose Emilia2 hari yang lalu
  • Salim itu untuk menghormati yang lebih tua ya kak bukan cuma kpd orang tua dan guru saja..

    Suwarni SuwarniSuwarni Suwarni3 hari yang lalu
  • Kalo di keluarga aku sih wajib!!!! Banget untuk makan nunggu yang lebih tua

    yuryka acellayuryka acella3 hari yang lalu
  • Unnie, sebenar.a tergantung dari siapa yg menjawab pertanyaan, kalau diindonesia adat istiadat atau tata Krama itu sangat penting, seperti makan minum duduk" itu hampir sama dengan Korea, duduk ketika makan ga boleh kaki dipanjangin, kalau salam paling umum untuk orang yang baru dikenal cukup senyum,seperti menghargai gitu, trus kalau makan piring.a ga boleh diangkat ga sopan, sebenar.a sih hampir sama ya, kecewa aja gitu sama jawaban.a yg jawab (Indonesia), hanya memang sebagian ada yg ga terlalu peduliin hal" seperti itu, cuma turun temurun dari orang" dulu tata krama.a soerti itu, kalau sekarang udah agak banyak juga yg ga terlalu sopan gitu, jadi tergantung pribadi masing".a unnie, 🙃, maaf banyak komen aku.🙏

    Feby AzmiFeby Azmi3 hari yang lalu
  • Kalau makan di rumah makan padang atau minang itu bukan harus habis tp itu di letakin di sana sehingga orng bisa ngambil apa yg mereka mau dan nanti bayar sesuai apa yang diambil bukannya dipaksa untuk beli semuanya😂

    Hasyifa SpHasyifa Sp3 hari yang lalu
  • Wah kak lain kali survey dulu lah, itu yg terjadi dikota gede doang kalau di desa gak gitu weh,,

    Alfan FarisiAlfan Farisi3 hari yang lalu
  • 3:7 ga juga si malah didaerahku setiap ada yg tua walaupun bkn keluarga harus disalim

    hi neyyhi neyy3 hari yang lalu
  • 3:50 lah keluarga gw kegitu itu sihh katanya biar sopan ajh ajaran orang bandung:v

    Ruli Kusdinar84Ruli Kusdinar843 hari yang lalu
  • Kbnyakan yg di sampein boraa salah itu, sebelum ngereact mndgg pelajarin dulu deh

    Safira OktaSafira Okta3 hari yang lalu
  • Salah tuu, semua org rata rata kalo ke org yang lebih tua juga salim kali kalo ke org yg sekiranya se umuran baru sapa hai hallo

    Safira OktaSafira Okta3 hari yang lalu
  • Kalo indo biasanya alisnyh keatas yekan😂😭

    Cha DutCha Dut3 hari yang lalu
  • KENAPA NAMA INDONESIA KALIAN BAWA-BAWA?

    varimobivarimobi3 hari yang lalu
  • Kalian ngomongin indonesia. Seolah2 sudah bertemu semua suku, saya cuma protes kalau kalian ngomongin negara. Mending ngomongin satu tempat. Misal antara korea dan jakarta😀. Kalau itu aku setuju, karena sopan di satu suku belum tentu sopan di suku lain.

    A Slice of Life channelA Slice of Life channel4 hari yang lalu
  • Yg lain kek jngn ooooo terus

    HerniaHernia4 hari yang lalu
  • Oooooo Mulu ngomong nya

    HerniaHernia4 hari yang lalu
  • paansi jgn ngejelekin indo lah indo indo korea ya korea

    zafira virginiazafira virginia4 hari yang lalu
  • Sebenernya tatakrama yang di ajarkan di indo tu udah paling sopan, lebih dari korea, cuman ya gak di pake aja sama anak sekarang.

    Bocil DecadeBocil Decade4 hari yang lalu
  • Mang bener ya klo cewe korea itu liat umur untuk cari pasangan....??

    aghanz08 azmiaghanz08 azmi5 hari yang lalu
  • Narasumber nya yg dr indonesia gk akurat nih,belom paham etika hormat menghormati di indonesia bukan hanya guru dan orang tua saja yg cium tangan

    daga duduldaga dudul5 hari yang lalu
  • Nih tentang cium tangan yg di bicarakan idworlds.info/from/3NafltjafYWmgMk/video

    Ahmad SupriyantoAhmad Supriyanto5 hari yang lalu
  • Ribet ya hha kalau udh masalah perut mah sikat aja tapi jngan lupa berdoa dulu wkwk

    Wildan TriandaWildan Trianda5 hari yang lalu
  • Lol

    Lmao GtLmao Gt5 hari yang lalu
  • Dan gw lebih sering makan yang piring nya diangkat walaupun ada meja juga aku bakal ngangkat piring dan kaki ku 👍 yang sama mari like komenan ini👍

    Channel Ch ajaChannel Ch aja5 hari yang lalu
  • .... Gw sih biasa aja :V, mau makan makan duluan, mau mandi mandi duluan, mau mati mati duluan juga nggak papa kok :V

    Channel Ch ajaChannel Ch aja5 hari yang lalu
  • Kayaknya hampir semua orang Indonesia cara salamnya untuk orang yg lebih tua itu salim/salaman + cium tangan. Cuma sekarang sudah banyak orang tua terutama di kota yg tidak ajarkan itu ke anaknya. Contoh aja, david bekham datang ke Indonesia dan asa anak Indonesia yang salaman dengan cara kayak gitu, dan dia kagum. Harusnya ini salah satu budaya yg perlu di pertahankan

    maulida _maulida _5 hari yang lalu
  • 안녕하세요

    Rini KiswantiRini Kiswanti5 hari yang lalu
  • Kalo dah kenal banget ketemu naikin alis aja lebih simpel itulah indonesia

    Ananda PutraAnanda Putra5 hari yang lalu
  • demi demi , demi mulut lo yang lancip .. -babe sabeni

    Banyak CaraBanyak Cara5 hari yang lalu
  • Lah apa daya gw yg nyeruput kopi pas lagi panas masa langsung di tenggak

    GJ GakJelasGJ GakJelas6 hari yang lalu
  • Mantappppp

    Apo DioApo Dio6 hari yang lalu
  • Korea : Ga boleh makan sambil duduk selojoran Indonesia be like : Itu kaki atau beton?

    Pande Putu Rahayu Eka Yanti -27Pande Putu Rahayu Eka Yanti -276 hari yang lalu
  • Tutorial mempersulit hidup yaitu kayak orang Korea wkwkw Cara mempermudah hidup yaitu kayak orang Indonesia wkwkw 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣 Di indo bebassss Di Korea ..............

    lemon milklemon milk6 hari yang lalu
  • 0:57 parah ngakak banget wkwkw

    lemon milklemon milk6 hari yang lalu
  • Ada lagi kak etika makan di indonesia. Kalau misalnya makan, , sendok yang sudah masuk ke mulut kita dilarang dipake nyendok ke lauk makanan. Contoh misal kita makan bareng temen, di meja makan ada nasi, sepiring lauk, semangkuk sambal, semangkuk sayur. Kan kita ambil makanan ke piring kita pake sendok baru boleh, tapi setelah sendoknya masuk mulut, ga boleh pake sendok itu untuk ambil lauk yang di meja. Harus beda sendok (pakai sendok baru atau khusus buat ambil lauk)

    balm bluebalm blue6 hari yang lalu
  • 9 menit ngakak tiada henti

    sweet watermelonsweet watermelon6 hari yang lalu
  • Indonesia juga ad kok org tua dulu yg makan baru yg muda

    Dhila JkDhila Jk6 hari yang lalu
  • this gangsta is soo charming, wkwk, di indonesia, beda suku udah beda budaya, kayak disuku ini sopan, tapi disuku lain gasopan, makanya selalu ada pepatah, dimana bumi dipijak disitu,, eh aku lupa, yaa gitu pokonya yah

    Simi ChimkindSimi Chimkind6 hari yang lalu
  • Dulu pernah, temenku bawa temen orang korea Terus ketemu, aing auto nunduk salam korea ky gitu gagara kebanyakan nntn drakor😭

    dillaa chfdillaa chf6 hari yang lalu
  • Maaf walaupun orang indo kok merasa mereka gak eknal budaya indo. Saran sih, kalau gak kenal banget lebih baik gak bahas yang belum dikenal banget. Kalau gak setidaknya cari tau dulu dong

    RyRy6 hari yang lalu
  • Yg paling aku anehin itu kalau Korea makan mie pasti ada suara slruppp gitu,, lah kalau diindonesia pasti beda😂

    Riza FauziahRiza Fauziah6 hari yang lalu
  • Kalo belom tau banyak jangan langsung disimpullan kak Itu malah menjatuhkan negara kita (+62)

    Sarmin SarminSarmin Sarmin6 hari yang lalu
  • aku orang jawa, dan salim (salam cium tangan) itu bukan hanya untuk guru&orangtua.. tapi intinya lebih kepada orang yg lebih tua & dihormati mungkin mbaknya berdua itu kurang paham 🤭

    Sontol PratamaSontol Pratama6 hari yang lalu
  • di indonesia bkn jorok,jorok iya sih tpi kan kalian dah tau sendiri indonesia itu warga +62 barbar semua tolong jngn beda2 kan negara ya indonesia kerja sama ama korea kok:)

    Bayoe _ AjeBayoe _ Aje6 hari yang lalu
  • Jangan Hina INDONESIA Itu Rakyat Yg Terbesar Tau

    BARENG ARTIS [DJS]BARENG ARTIS [DJS]6 hari yang lalu
  • Ada juga kalo di daerah-daerah masih kok mengdahulukan yang lebih tua dulu baru yang muda mayoritas malah

    Iftah wal Iqra'Iftah wal Iqra'7 hari yang lalu
  • BEDA DAERAH BEDA CARA BERBUAT SOPAN. BEDA NEGARA BEDA CARA BERBUAT SOPAN. APAKAH ANDA MENGERTI??? SEBENERNYA SAYA MAU MENJELASKAN SEMUANYA CUMA BUAT NULISNYA MALES.

    DENDAM47RONINDENDAM47RONIN7 hari yang lalu
  • Bikin konten tu yang bermanfaat ,kalian malah banding bandingin korea sama Indonesia ,di thumbnail nya ,Korea bersih sopan Indonesia jelek kotor ngak sopan ngerendahin negara sendiri tau ngak kalian tuh lahir di Indonesia bukan malah ngebanggain negara lain ngejelekin ke orang ke Korea kalau orang Indonesia itu ngak sopan ,lain kali bikin konten yang lebih bermanfaat dari pada bikin konteh yang ngerendahin negara sendiri,

    Keysha aqilaashalina08Keysha aqilaashalina087 hari yang lalu
  • Ka kalo kaka pernah kebiasaan korea di Indonesia ga

    Asep HermawanAsep Hermawan7 hari yang lalu
  • kalo menurut ajaran islam sih adab makan kita gx boleh nunduk/ mulut menghampiri makanan,

    AK CHANNELAK CHANNEL7 hari yang lalu
  • Iya aku orang Jawa trs denger orang makan bunyi kek risih kata kakek gini "mangan kok koyok jarann" 😭😭

    Aurora Salsabila andhini AndhiniAurora Salsabila andhini Andhini7 hari yang lalu
    • Kalau kakekku katanya "mangan kok koyo sapi" 😭

      Riska Fera1502Riska Fera15027 hari yang lalu
  • Nice Voice brother, Emang TOP, keren ! musiknya + Yang Belum 1000 Dan 4000 Jam Tayang Mari Gotong Royong Like👍 Komen👇 Bejuang Sama" Yuk

    L C SL C S7 hari yang lalu
  • Kak borassaem nunjukin tata krama di indonesianya kurang pas , kayak kurang ngenak penjelasannya tentang indonesia padahal... Tata krama di indonesia itu banyak dan beragam penjelasan dan maksutnya .. Di vidio ini kesannya kyak maaf banyak negatifnya yang orang lain mlah oh oh gitu ya nangkep penjelasannya salah .. Padahal pengertiannya gak kyak gitu. Harusnya nunjukin dong klau budaya indonesia itu juga banyak tata kramanya.. Lain kali kalau collab lagi penjelasannya yang pas ya kak. Biar orang luar tau klau di indonesia itu juga banyak lo tata krama dan adat budaya yang beragam

    Vika FitriaVika Fitria7 hari yang lalu
  • Salam udel 🤣🤰

    Tutorial Nadia SyakiraTutorial Nadia Syakira7 hari yang lalu
  • Tp di indonesia lumayan sopan juga lo bun

    informasi pentinginformasi penting7 hari yang lalu
  • Kk borramsem orang Jawa ya

    Nadira AlmairaNadira Almaira7 hari yang lalu
  • 3:06 ngakak woy😭😭:v

    Hendra SafariHendra Safari7 hari yang lalu
  • Nitip koment kak. Klo di jawa sebener nya ga boleh minum sup langsung dari mangkok, selain ga sopan tapi juga meniru cara nya se*an. 🙏

    Ica SangMiIca SangMi7 hari yang lalu
  • Judulnya ga ngenakin

    Minah MinaheMinah Minahe7 hari yang lalu
  • Di Indonesia kalo mau etika salam di WhatsApp be like: P P P WOY/WOI OY/OI Bangun woi Selamat Pagi :v (padahal malam 😂) Kalo tatap muka kadang² dikagetin 🤣😌😂

    Keisha FernandaKeisha Fernanda7 hari yang lalu
  • Sebelah kanan pojok menarik bgt

    Harry sanjayaHarry sanjaya7 hari yang lalu
  • Siapa org koreut yg pengin masuk neraka angkat tangan ✋?

    awokaowk awoakwokawokaowk awoakwok7 hari yang lalu
  • So funny these collab.. 3.25 am and I'm still laugh watching all of you prettyyyy!!!

    Golden AquariusGolden Aquarius7 hari yang lalu
  • hai kak. aku dari jawa😂

    Imaniar MhImaniar Mh8 hari yang lalu
  • salam di indo tuh kaya gini :woi masih idup loh

    kitty cutekitty cute8 hari yang lalu
  • hih riweuhhhhh

    Putra AbahPutra Abah8 hari yang lalu
  • 0:57 ngakak wkwk

    Reviona AuraReviona Aura8 hari yang lalu
  • Monggo=permisi😁

    Aprilia mansurotun Nafi'ahAprilia mansurotun Nafi'ah8 hari yang lalu
IDworlds