Mbah Nun Merespon Adzan Jihad

1 Des 2020
1 383 301 Ditonton

Mbah Nun, Harianto dan Helmi M
Mbah Nun Merespon Adzan Jihad
Baca juga tulisan Mbah Nun: www.caknun.com/2020/hayya-alal-qital/
#Adzan #Jihad #AkikMaiyah
Dok: Progress 2020
CAKNUN.COM
Rumah Maiyah
Sekretariat Emha Ainun Nadjib dan KiaiKanjeng
Jl. Wates km 2,5 Gg. Barokah No. 287 Kadipiro Yogyakarta
Telp/Fax : (0274) 618810
Email: redaksi[at]caknun.com

Komentar
  • Baca juga tulisan pendek dari Mbah Nun: www.caknun.com/2020/hayya-alal-qital/

    CakNun.comCakNun.comBulan Yang lalu
    • @Cholid Sururi a''??

      Diyah FormosaDiyah Formosa18 hari yang lalu
    • 0n

      Kak DewellKak Dewell20 hari yang lalu
    • Adzan itu dalam kategori ilmu fiqih, dlm ilmu fiqih ahlussunnahwaljamaah para ulama mengikuti 4 imam mazhab FIQIH, dan melalui ijma dan kias ulama yg kredibel dlm ilmu FIQIH, dan tidak ada satupun dalam kitab2 yg MU'TABAR mengganti lafadz adzan, SIAPA YG PERTAMA BERIJTIHAT ADZAN JIHAD ??? kitap tokoh SalafiWahabi SALMAN FAHAD A'UDAH yg bukan ulama, sehingga itu hanya propaganda untuk mengSURIAHkan indonesia

      Hendry KenzieHendry Kenzie25 hari yang lalu
    • Assallam mu'alaikum ck,,maaf terlalu tinggi ilmu harusnya semakin bisa keutuhan umat, bukan lazim dan tidak lazim,,di awal ngomong ck nun bilangnya tdk lazim tp sebentar kemudian ck nun ngomong lazim, klo sampean ngomong dr zmn dulu umat islam dizolimi, hingga muncul teroris, pean bilang lazim, sampean jawa cak,,,berfikirlah sebagai orang jawa,

      Anwar IbadiAnwar Ibadi26 hari yang lalu
    • @Chandra Bifadlika bukan sy sok tau, tp mereka kan tidak untuk sholat gitu kan?? Mereka azan itu untuk jihat,azan itu kan memanggil kita untuk sholat, sedangkan yg mereka kumandang kan untuk jihat, coba lihat mereka kumandang kan itu untuk sholat atau untuk memanggil umat untuk jihat, sedangkan azan itu kan memanggil untuk sholat, makanya hayya ala sholat, berarti memanggil sholat, kalau hayya ala jihat berarti memanggil untuk jihat,, Semoga ini bisa memberi pemahaman kepada anda, Sekali lg azan itu (memanggil)

      ibrahim ibrahimibrahim ibrahimBulan Yang lalu
  • Thumbnail nutupin kretek wkwkwk

    faris payjoyfaris payjoy17 jam yang lalu
  • guru nun ku

    Wisnu SetiadiWisnu Setiadi3 hari yang lalu
  • The spirit of maiyah

    Daffa InsanDaffa Insan5 hari yang lalu
  • Saya percaya cak , bahwa habib rizieq di fitnah

    Qibil AjeQibil Aje5 hari yang lalu
  • Semoga kedepannya banyak caknun caknun muda penerusan..

    TOBI JUNIORTOBI JUNIOR16 hari yang lalu
  • Cak Nun jaketnya bagus

    Yudhanto Dewo GiribowoYudhanto Dewo Giribowo19 hari yang lalu
  • Bukan 4 abad bahkan lebih ;7 abad lamanya. Islam terjajah. Sejak tahun 1324 Masehi khilafah hancur oleh Mongol.

    Samsu DaniSamsu Dani21 hari yang lalu
  • enak jaman saiki mbah ada hp android

    Arisset Aris SetiyantoArisset Aris Setiyanto21 hari yang lalu
  • Mugi2 mbh Nun , tansah pinaingan sehat/slamet , Aamiin .

    Markijan NewMarkijan New24 hari yang lalu
  • izin...beliau berusaha memberikan pandangas-2 yang lebih luas....bahkan kita selalu diajak untuk berpikir seluas alam semesta...tanpa batas..beliau selalu dapat memberikan penjelasan yang rasional, logis dan sederhana..untuk mudah dipahami siapapun....tanpa kecuali...(mohon di koreksi klau salah).....

    urban plannerurban planner25 hari yang lalu
  • secara ekonomi politik, tidak hanya umat Islam di kawasan bulan sabit yang dieksploitasi dan disingkirkan, tetapi suku indian Amerika, ras china di daratan china yang dikenal dengan abad penghinaan oleh bangsa China, bangsa-bangsa amerika latin, bahkan bangsa Arab, entah muslim atau pun bukan muslim.. Nah intinya adalah eksploitasi dan penindasan dari segi ekonomi politik oleh imperialisme dan kolonialisme serta neokolonialisme. Lalu apa kemudian cara-cara perlawanannya? tentu saja secara politik... sementara terorisme adalah alat imperialis untuk memecah belah umat Islam dengan paham keagamaan fundamentalis, terutama yang terjadi di Libya dan Syria. Jadi terorisme adalah cara-cara kekerasan, sementara perlawanan adalah cara-cara politik dan militer yang melawan imperialisme-neokolonialisme.

    Hidayat PurnamaHidayat Purnama25 hari yang lalu
  • sepakat!

    khalidah nizma fritzkhalidah nizma fritz26 hari yang lalu
  • kl g salah, ketika ada hal2 seperti ini, dahulu, disarankan pihak terkait didatangkan. jadi jelas apa maksudnya. tidak hanya berasumsi pribadi lalu disebar ke publik.

    anonym ajahanonym ajah27 hari yang lalu
  • Kritikan buat golongan ini, padahal kebiasaannya dikit2 bidah, orang tahlilan dibilang bidah, malah "adzan diganti jd jihad" yang ini dinamakan bidah, malah termasuk liberal spt kasusnya adzan diganti bhs Indonesia

    mhd rohmanmhd rohman27 hari yang lalu
  • endingnya mak jleb bagi kita semua.....

    Imadudin A'laImadudin A'la28 hari yang lalu
  • Maaf nitip pesan buat Cak Nun sama Gus Mus tolong temui Gus Yaqud soal menag melindungi Syi'ah dan Ahmadiyah. Terima kasih

    Agus ZaenuriAgus Zaenuri29 hari yang lalu
    • @Regard Frambosa amin ya rabbal"alamin. Kulo namung lare dusun lur lapo kog bahas tekan kene nggeh... Sadar mboten kulo niki heheee

      Agus ZaenuriAgus Zaenuri29 hari yang lalu
    • @Agus Zaenuri dongo Slamet wae lur. Mugo2 firasat2 wali2 niku leres nek ini gerbong terakhir zaman

      Regard FrambosaRegard Frambosa29 hari yang lalu
    • @Regard Frambosa kaco niki lek tyang kayangan mboten modon lgsung teng lokasi, nggeh to lur??

      Agus ZaenuriAgus Zaenuri29 hari yang lalu
    • @Agus Zaenuri Iyo ms

      Regard FrambosaRegard Frambosa29 hari yang lalu
    • @Regard Frambosa iku lak sg sering gelot niku to lur syiah vs sunni bener ga?

      Agus ZaenuriAgus Zaenuri29 hari yang lalu
  • Enak pencerahanya

    Dita CarolinaDita Carolina29 hari yang lalu
  • Seng nginjak" ki yo sopo tohh.... Keblinger

    mamaedavid mamaemichelmamaedavid mamaemichelBulan Yang lalu
  • ❤️❤️❤️❤️ subhanallah Allahuakbar Allahuakbar subhanallah... Alhamdulillah masih ada yg mengingatkan. Semoga Allah SWT melindungi kita dan memberikan jalan yg lurus alfatihah....

    Zahra AlibilalZahra AlibilalBulan Yang lalu
    • Jalan yg lurus adalah perang. PP erang ada lah sesuatu yg tidak di sukai tapi Allah suka itu.

      Samsu DaniSamsu Dani21 hari yang lalu
  • mbah nun benar. kemarahan itu mmang bs di seting...bs dibuat...bisa di pancing2. tp aq berkesimpulan. kiyai..muslim..dai... klo yg msh marah dan terpancing. berarti ngajinya kurang jauh. dan blm layak sbg kiyai.😃😃😃

    Surya AdiSurya AdiBulan Yang lalu
  • Sehat terus mbah nun.,ttp kasih wejangan ke kami semua

    Jati Suryo WibowoJati Suryo WibowoBulan Yang lalu
  • Betul,masuk akal.sehat terus Cak Nun,matursuwun.

    MualimMualimBulan Yang lalu
  • Nyleneh

    didi purwadididi purwadiBulan Yang lalu
  • Adan ajak jihad udah Jelas bawa pedang.kok aneh islam ditimor tengah diinjak injak kok Cak nun gak comen. kalo dinkri umat beragama dilindungi negara asal ngikuti aturan hukum nkri

    Nanik ErnawatiNanik ErnawatiBulan Yang lalu
  • Cak, ayo kita bangun populerkan #UKHUWAH SALAMIYYAH#

    Nur Huda SalamNur Huda SalamBulan Yang lalu
  • Sehat terus cak, terlihat keren tampilan begitu.

    muhammad rexymuhammad rexyBulan Yang lalu
  • Inilah cara pandang thawaf.... Makasih mbah...🙏

    Ari UhenkAri UhenkBulan Yang lalu
  • Saya perhatikan bahasa cak nun sepertinya membenci pemerintah dengan ber kali2 menyebut pemerintah dengan sebutan Rezim, ulama idola saya ternyata kelompok Wiro sableng 🙏

    Gunawan EffendiGunawan EffendiBulan Yang lalu
    • Ngerti siapa yang gak disukai Mbah Nun dari rezim ini gak bro? Yaitu master of puppets nya yg mau nguras, menjajah SDA kita. Itulah kenapa Mbah Nun bikin lakon petruk Kembar supaya pada ngeuh akan ilusi populisme 2 periode, dan bukan berarti mbah Nun mendukung Prabowo yg justru akhirnya saat ini masuk gerbong rezim. Makanya berkali2 mbah Nun menggunakan sarkas yg merujuk bahwa pemimpin saat ini kurang kompetensi, terlalu polos, tidak berkuasa. Toh mbah nun ngajak mendoakan pemimpin tsb supaya terbebas dari belenggu, meskipun hampir mustahil.

      BAYOE PRASETYOBAYOE PRASETYO12 hari yang lalu
  • Diawal pembicaraan, narasi islam sudah lama ditindas dan dianiaya..... Diakhir pembicaraan , pesan bahwa pembantaian di sigi itu hal yg biasa dan atas seizin Allah.... Harusnya dengan landasan yg sama,.. perasaan tertindas dan teraniaya yg dialami umat islam juga harus dirasakan sebagai hal yg biasa2 saja dan sudah atas seizin Allah...

    Wisnu WibowoWisnu WibowoBulan Yang lalu
  • video adzan itu, klau dri pandangan sy, spertinya mereka bukan mengganti adzan utk sholat jdi sperti itu, tetapi mereka hanya berusaha menunjukkan sikap, bahwa mereka "tdk takut dan sangat siap", hanya bentuk mereka mengekspresikan suara hati.. bukan benar2 mengganti adzan utk sholat menjadi bgitu..

    Muhammad FakhruzzainiMuhammad FakhruzzainiBulan Yang lalu
  • super sekali pencerahanya cak...

    Rudi ibrahimovicRudi ibrahimovicBulan Yang lalu
  • Terima kasih pencerahannya Mbah Nun 👍👍🇮🇩.... Semoga sehat selalu

    Basuki Wasis ChannelBasuki Wasis ChannelBulan Yang lalu
  • jangan membuat tafsir yg membuat pembiasan pandangan secara umum lebih bijak utk di bahas

    BKHWEU Hemat Waktu Efektif UangBKHWEU Hemat Waktu Efektif UangBulan Yang lalu
  • Iya mbah rasanya islam sengaja d buat marah supaya umat marah dan d harapkan melakukan anarkis sehingga kelompok trtentu bisa memojokan islam dgn cap radikal

    Erwin Acunk channelErwin Acunk channelBulan Yang lalu
  • Eling Lan. Waspodo

    Sri AtimSri AtimBulan Yang lalu
  • Sehat terus mbah nun

    Ari IrwansyahAri IrwansyahBulan Yang lalu
  • Mbah Nun tdk Luas dlm memhami Jihad jadi jahid nurut Nabi pasti bnar. Yg ikut abu Jahal pasti salah. Jihad di Negara kita perang melawan Siapa. Mna ygikur Rusuk dan mna yg ikut Abu Jahal. Coba ingat DI TIIjihad bukan melawan Sialpa.,?

    Rofiqoh MahdhorRofiqoh MahdhorBulan Yang lalu
  • Tokoh agama yg pola berfikirnya paling luas adalah cak nun

    Dirga FarmDirga FarmBulan Yang lalu
  • Nek Mbah Nun udah bicara....sedjukkkkk... Maturnembah suwun Gusti Alloh sudah menciptakan Seorang Mbah Nun Mbah Dur di Indonesia.... Indonesia Beruntung memilikinya... Pintar Santun Sholeh mbapani

    King eLmoKing eLmoBulan Yang lalu
  • JM Pekalongan insy selalu berusaha hadir dan nyimak...

    Aisyah KhafifiAisyah KhafifiBulan Yang lalu
  • Akhir zaman om bos begini lah keadanya orang orang pandai dan pintar akan membolak balikan pemikiran kaum awam.. Pada intinya akhir zaman nnti dajal akan mucul ini sifat sifat ya sudah terasa..

    eko priyonoeko priyonoBulan Yang lalu
  • KL bisa ya tanya aja yg membuat kata HAYYA ALAL JIHAD ...itu apa artinya lazimnya FPI itu ....??? MASAK CAK NUN SDH ngefpei BROOOO.... . lazimnya jangan terlalu mendewakan tokoh .... . Biar kita bisa objektif menilainya... . Atou kita diam aja.... . Salam Rahayu

    Muhammad KhamimMuhammad KhamimBulan Yang lalu
  • Kebanyakan perspektif, ga punya jawaban atau ga tau nih cak nun....jawaban ngambang dan tidak mencermirnkan pendapat cak nun sendiri. Percuma saja kalo menjawab persoalan adzan jihhad benar dan salah jawabannya A, B, C dan seterusnya. Sementara jawaban cak nun sendiri tidak jelas arahnya ke mana

    Mulyadi AzaMulyadi AzaBulan Yang lalu
  • Mbah... yaknopo niki Indonesia sakniki, kok malah medeni. Rakyat bingung karo lempar-lemparan fitnahe. Kasih kepercayaan ke kita yen indonesia bakal aman seko perpecahan lan perang sodara. Mosok iyo jenengan kudu turun tangan maleh?

    Si BrunoSi BrunoBulan Yang lalu
  • AGAMA KALAU DILIHAT DARI PERUBAHAN AKAL PIKIRAN RASIO MANUSIA YANG TERUS BERKEMBANG, ADALAH LAZIM TAFSIR SELALU BERKEMBANG MENURUT JAMANNYA. DULU AGAMA BEGITU KERAS AKIDAHNYA, MATA GANTI MATA, DARAH GANTI DARAH, NYAWA GANTI NYAWA SUDAH BERUBAH MENJADI PEMBINAAN BUKAN HUKUMAN SEBAGAI BALAS DENDAM. JAMAN JAHILIAH MEMANG DIBUTUHKAN HUKUM YANG KERAS. SEKARANG INI AMARAH DIANGGAP ORANG TIDAK TERDIDIK ATAU MASIH PRIMITIF TIDAK MENGERTI SOPAN SANTUN UNGGAH UNGGUH TATA KROMO. INI SANGAT UTAMA DALAM KEHIDUPAN DAN PERADAPAN MILINEAL. KALAU INI HILANG AKAN KEMBALI MENURUN ATAU MUNDUR. KEMUDURAN ITU ADALAH KESALAHAN MANUSIA KITA SENDIRI. JANGAN MENYALAHKAN ORANG LAIN ATAU REZIM ATAU PENGUASA. KITA HARUS CERDAS MENGUADAI DIRI SENDIRI, SUPAYA JANGAN DIJAJAH ORANG LAIN.

    Hartini IiHartini IiBulan Yang lalu
  • Kangen mbah nun......

    Adam Ahmad AlamsyahAdam Ahmad AlamsyahBulan Yang lalu
  • Aku dudu "KYAI" aku dudu "ULAMA" aku ki "MBAH"MU tak pernah memprovokasi, hanya membimbing, tdak prnah memihak 1 sisi, selalu jadi penengah . "EMHA AINUN NAJIB"

    Frendi KurniawanFrendi KurniawanBulan Yang lalu
  • "HAYO NDANG SHOLAT.....HAYO NDANG SHOLAT" bukan "HAYO NDANG PERANG..HAYO NDANG PERANG" itu SERUAN BERIBADAH DALAM HAL INI IBADAH SHOLAT "MENYEMBAH SHANG HYANG AGUNG"

    Fredy Al-HusainiFredy Al-HusainiBulan Yang lalu
  • Alkhamdulilah...

    Nurul _AmaliaNurul _AmaliaBulan Yang lalu
  • Sehat selalu mbah nun

    Gradakan ChannelGradakan ChannelBulan Yang lalu
  • tidak heran ustadz felix sangat mengidolakan cak nun

    Al FakirAl FakirBulan Yang lalu
  • Dari buahnya kita kenal pohonnya. Dari perilaku kita tau ajarannya..

    Stefanus PellondouStefanus PellondouBulan Yang lalu
  • Assalamualaikum Gus apa gak ada yang bisa mendoakan orang yang sombong itu supaya dapat hukuman Allah secara langsung gitu Gus

    H SujekH SujekBulan Yang lalu
  • Kita ini sebagai umat islam panutan kita baginda rasulullah , jadi yang kita ikuti apa yang di lakukan oleh nabi muhammad,,, nabi hanya menyerukan azan untuk panggilan sholat

    syamsul rizalsyamsul rizalBulan Yang lalu
  • Cak nun adalah orang yang bijak dan pandai..terbukti memandang suatu masalah dari berbagai perspektif/pandangan...sangatlah seorang yang bijak

    Yusrizal Jofi FirdausYusrizal Jofi FirdausBulan Yang lalu
  • Jelas tdk layim....., karena tujuan nya mau solat , bukan mau jihad.

    Wahyu Adi KurniawanWahyu Adi KurniawanBulan Yang lalu
  • Marah itu boleh... Karena marah itu reaksi.. Yang gak boleh itu marah marah...

    senky asritasenky asritaBulan Yang lalu
  • Poinya TIDAK LADZIM! Paham sampai sini???

    Anaz VJAnaz VJBulan Yang lalu
  • Caknun kok bs mengatakan bhw mgkn SJ Ada Habib yg keras itu merupakan rekayasa rezim... artinya secara langsung caknun mengatakan bahwa Hb Rizieq merupakan sosok yg bisa di jadikan boneka oleh rezim jokodok...aku tidak menyangka caknun bs mengatakan hal spt ini mengenai Hb Rizieq..kejam sekali cak pean cak...dulu aku pernah JD pengagum caknun.tapi AKHIR2 ini lenyap sudah rasa kagum ku pd caknun... Tidak tersisa sedikitpun rasa kagum ini.... Orang yg kelihatan ny pandai mengolah kata eh ternyata secara TDK lgsg menyatakan perang kpd pengikut Hb Rizieq spt saya...

    Aisyah AhmadAisyah AhmadBulan Yang lalu
  • Pitutur Mbah Nun yg luar biasa butuh kejernihan berpikir , Allahu Akbar

    Arin DanielArin DanielBulan Yang lalu
  • Admin, nyuwun sewu cuma mau kasih saran masukan, klo boleh dalam setiap video/content mbah Nun ditampilkan durasi, menghindari zaman potong content dan di Viral2kan, hihihiii Maturnuwun, sehat selalu buat mbah Nun dan teman2 semuanya...😇

    Johan WalkerJohan WalkerBulan Yang lalu
  • Elefyuu simbaaah 🥰

    Mbah Kholil07Mbah Kholil07Bulan Yang lalu
  • Suara azan indah dan sejuk utk didengarkan.. hanya orang2 sesat lah yg niat/merubah suara azan.

    anciang melodianciang melodiBulan Yang lalu
  • Penjelasan yang sangat mendalam. Damailah Indonesia. ❤️

    Taman Pancasila Kota TegalTaman Pancasila Kota TegalBulan Yang lalu
  • ia cak nun lazim, korban terorisme perangi radikal juga lazim kan? bukan hanya islam cak punya sejarah ditindas, semua agama dan suku punya sejarahnya jadi jgn merasa paling ditindas ya..

    KevinKevinBulan Yang lalu
  • Yg membunuh sangat kejam,, bukankah masih ada jalur hukum semisal dr korban yg terbunuh ada tindak kekerasan yg melukai atau lainnya,, tdk harus dibalas dibunuh itu sungguh berdosa dan tdk manusiawi.. masalah Islam sendiri menurut saya janganlah jd umat yg lemah,, walaupun cinta damai cinta persatuan dimana tempatnya,, tetapi seandainya terancam diantara terbunuh apa dibunuh apa lg dengan catatan atas dasar ingin merusak menghina akidah Islam sebaiknya ambil tindakan lebih baik mati melawan dr pd mati tdk melawan sama sekali,, klw tdk dr pd dibunuh mending membunuh.. dari cerita ini saya sangat menyayangkan tragedi rohinga,, kenapa lebih memilih kabur dan mengungsi.. seharusnya persatuan dan kesatuan umat islam disitu bersatu lawan gerakan pembantaian dengan sekuat kemampuan,, tp mungkin pd saat itu tdk ada komando kesatuan disitu dr ketakutan menjadi berani.. bukankah sejarah Indonesia dulu bs menang perang dengan penjajah hanya bermodalkan bambu runcing bedog pacul linggis mungkin clurit jg mungkin,, nah itulah salah satu contoh dr ketakutan menjadi berani karena tdk punya senjata perang tp akhirnya menang..

    Tarwo BaeTarwo BaeBulan Yang lalu
  • Selalu mencerahkan,, pantas Dedy Corbuzer mengidolakan Cak Nun 👍😊❤

    Didik FirmantoDidik FirmantoBulan Yang lalu
  • Sehat selalu mbah nun 😊

    sabian biansabian bianBulan Yang lalu
  • Maka Dr itu dengan Alasan apapun Dan dari segi perseptif apapun marah tidak d benarkan...

    Abcdef GhijkAbcdef GhijkBulan Yang lalu
  • Mbah nun aku cucu mu yang belum di izinkan Allah untuk bertemu. Menurut saya kita jangan dulu ambil tindakan dukung si A / B Jangan dulu membenarkan atau menyalahkan bentar dulu. Kita ambil aja dulu pelajaran dari kejadian ini.

    Ririn AndriyaniRirin AndriyaniBulan Yang lalu
  • The neat dedication firstly shop because bull grossly hover apud a waggish sand. average, verdant feeling

    Bantz BantaBantz BantaBulan Yang lalu
  • Cak Nun, sosok yg konsisten dengan cara berpikirnya yg matang, berwawasan dan tenang dalam menanggapi isu apapun. Semoga Gusti Allah selalu menjaganya..🙏

    Muhammad Agung IzzulhaqMuhammad Agung IzzulhaqBulan Yang lalu
  • Leres guuus. Mugi mugi selalu diberi kesehatan mbah nun 😇😇

    Maulana Zuhri WardhaniMaulana Zuhri WardhaniBulan Yang lalu
  • Bentar2 Gus.. sekitar menit 6:10 - 7:56 Karena suatu hal kita bisa marah ya itu lazim.. Tp kalo udh pembunuhan kayak di Sigi ya ga lah Gus.. Kok jadi terrorist apologist gini sampeyan Gus?? Kecewa gw..

    HDHDBulan Yang lalu
  • saya semakin yakin ke ulamaan haikal dg menyetujui azhan dg kata jihat itu dan saya memastikan dia (haikal) golongan teroris dan golongan sesat dan kroni2nya.

    Ubay BonekUbay BonekBulan Yang lalu
  • Allah juga izinkan sy mendengar obrolan ini 💌💌💌

    imam sudirmanimam sudirmanBulan Yang lalu
  • Ustadz Nun brilian banget, sudut pandang sebagai seniman Islamy benar-benar mantap, bahkan tegas meski secara fiqh Ustadz Nun lebih memilih istilah "Tidak Lazim", namun tambahan kalimat "Jangan kaget kalo ulama berfatwa bid'ah atau sesat" memberi wawasan bagi semua pihak akan ketegasan beliau menyikapi fenomena iqamah jihad. Yang lebih tegas lagi, beliau malah langsung mengatakan "hayya alal qital"... ini sangat brilian lagi, karena menunjukkan kejelian beliau bahwa iqamah jihad hanya dipakai utk pembelaan diri sj, kenapa tidak mengatakan "ayo kita berperang". Ini pukulan telak bagi pelantun iqamah jihad, seolah si pelantun tidak punya nyali untuk berjihad.

    Agus SusantoAgus SusantoBulan Yang lalu
  • BUBARKAN F*I

    Novandi PdpNovandi PdpBulan Yang lalu
  • Mbah Nun

    Lucita Rizqi AndanaLucita Rizqi AndanaBulan Yang lalu
  • Ya mendekati sesat itu cak nun, udah bener adzan dari dulu sampai sekarang, ngapain diubah".

    be cool87be cool87Bulan Yang lalu
  • Mungkin yg dislike kurang #Maiyah

    arian januardhiarian januardhiBulan Yang lalu
  • Saya senang melihat kehidupan Cak Nun - Mbak Via..menularkan kebahagiaan pada sesama. Tetap sehat dan sukacita bersama keluarga besar

    Monica ChristianningsihMonica ChristianningsihBulan Yang lalu
  • Ngademi

    asep_bkcasep_bkcBulan Yang lalu
  • Semoga para ulama NU diberi umur panjang barokah 🤲🏻🤲🏻🤲🏻

    Amrulloh vespanesiaAmrulloh vespanesiaBulan Yang lalu
  • pembawaan yang muantep puoll. beginilah yang bikin ayem tentrem ning ati

    Rizky Akbar 126Rizky Akbar 126Bulan Yang lalu
  • BERSATULAH KAUM MUSLIMIN, JADILAH ISLAM YG KAFFAH, PERBANYAK THOLIBUL ILMI, KARENA SETAN MUSUH KITA YG NYATA. #ISLAM BERSATU SETAN MERADANG!

    oktora abrilianoktora abrilianBulan Yang lalu
  • saya yakin siapapun yg belajar agama dan kesadaran manusiawi selama 1 bulan intens dgan cak nun, pasti akan jadi manusia. pertanyaany, apakah cak nun tlah menyadari kpasitasnya utk membentuk manusia ?

    Fahamsyah DharmaFahamsyah DharmaBulan Yang lalu
  • Mbah , mas har,mas hilmi, keluarga maiyah sehat selalu aamiin. . .

    yusep samsul rajabyusep samsul rajabBulan Yang lalu
  • Emha ainun nadjib

    Daffa InsanDaffa InsanBulan Yang lalu
  • beliau bicara tanpa terikat dengan golongan manapun.. lebih adem mendinginkan suasana.. Jihad itu cari makan, kerja, cari rejeki, dll

    Gerilya OnlineGerilya OnlineBulan Yang lalu
  • Lahh kurang tegasss nihh mbah nunnn... Tinggal bilang salah ya salah.. Kalo engga ya engga Malah muter2 jawabanya malah bikin mumet umatnyaa..

    Vrengky Si bolangVrengky Si bolangBulan Yang lalu
  • semoga Mbah Nun sehat terus dan bersedia jadi Presiden Indonesia

    0ckee0ckeeBulan Yang lalu
  • Semoga bukan karena politik !

    samsul arifinsamsul arifinBulan Yang lalu
  • saya pribadi masih bingung, mengapa? kenapa? karena apa? mungkin disini ada anggota kelompok tersebut yang bisa menjelaskan ?

    samsul arifinsamsul arifinBulan Yang lalu
  • kalau ajaran tasawuf mengajarkan kasih sayang dengan metode mematikan nafsu (baik itu amrah) untuk mencapai kemurnian. bagaimana menurut cak nun?

    nextinspiratorTVnextinspiratorTVBulan Yang lalu
  • HIDUP TEMBAKAU INDONESIA!!!! MARI PERANGI PEMBODOHAN PUBLIK.

    Gambler RAYGambler RAYBulan Yang lalu
  • Alhamdulillah rokok'e Podo Mbah 😀

    Reza PratamaReza PratamaBulan Yang lalu
  • Taikkkk...

    BERSERKER 182BERSERKER 182Bulan Yang lalu
  • Ass wrwb..tolong saya .. udh 9 bulan cari kerja blm dpt.. klu ada yg butuh tenaga saya tlg info.. suwun

    Edo Dwi wicaksonoEdo Dwi wicaksonoBulan Yang lalu
IDworlds