KAGET PAS DENGER ORANG JEPANG INI! TERNYATA JAGO BANGET BAHASA JAWA ALUS

19 Peb 2021
810 303 Ditonton

Londokampung bertemu dengan orang Jepang dan ngobrol bareng, tapi ada yang beda dengan orang Jepang satu ini.. Penasaran?? langsung ditonton ya lurs!!
Jangan lupa gunakan subtitle Bahasa Indonesia!
CARA PASANG SUBTITLE IDworlds:
- Untuk pengguna HP: klik titik tiga di pojok kanan atas, terus klik subtitle/caption dan pilih Bahasa Indonesia.
- Untuk pengguna laptop/PC: klik logo CC di bawah timeline sebelah kanan

Komentar
  • Khatam itu apal banget ngasi diluar kepala

    LEK SLAMET KINGLEK SLAMET KING2 jam yang lalu
  • Jepang gw inget sama Refa Kashiki yutuber indo org jawa tp udh jd warga negara jepang

    Advano 69Advano 692 jam yang lalu
  • pakpung iku kanggo arek cilik cak 😆

    luki tok IIluki tok II4 jam yang lalu
  • 😅 ,

    haya busahaya busa4 jam yang lalu
  • Bule jepang bljr bahasa jawa. Cinta budaya indo, Yg disini malah ngarab...piye toh

    reza wreza w5 jam yang lalu
  • Aku tim "CC" 😢😆

    Thalita PingkanThalita Pingkan5 jam yang lalu
  • Arigatau gozaimas wes gelem ngajari bahasa jepang reng indonesia

    edi santosoedi santoso6 jam yang lalu
  • Khatam = hafal

    Muhammad TriMuhammad Tri6 jam yang lalu
  • Yo mesti biso lah, jepang kui kan akeh wong jowo ne, suriname kae kan jowo kabeh,,

    edi santosoedi santoso6 jam yang lalu
  • Weteng aluse padharan cak .. 100 buat cak dave

    Okky TriwulandariOkky Triwulandari6 jam yang lalu
  • Hai para penjajah

    imajenasi liarimajenasi liar6 jam yang lalu
  • Jepang pakai Jawa Halus... Cak Dave Jawa Suroboyo ... Mantap

    Ongko PriambodoOngko Priambodo6 jam yang lalu
  • Wong Korea yo enek sing ngene ki Cak Dave jenenge Pakde Heo Jungyong, panggilane Karjo dia fans Didi Kempot

    Devrat PutraDevrat Putra6 jam yang lalu
  • Anake michiko sensei po?

    よしりんチャンネルよしりんチャンネル7 jam yang lalu
  • jowo matraman style iki ,. daerah jogja- solo ,. lk nk jatim daerah kediri raya

    Anggara DayuAnggara Dayu7 jam yang lalu
  • Gw yg orang jawa aja ga bisa bahasa jawa wkwkw

    Hendrawan LaksonoHendrawan Laksono7 jam yang lalu
  • Khatam : selesai tuntas ( kata serapan dari qatam baca alquran ) Weteng : padaran Pakpung : Mandi ( bahasa sopan anak kecil )

    ak holdingak holding8 jam yang lalu
  • Aku we seng wong jowo rung pati isoh tapi maklum lah cilik'an ku neng jakarta

    Lintang ChanelLintang Chanel8 jam yang lalu
  • Alus Mas jepang bahasa jawanya. Keren banget

    ak holdingak holding8 jam yang lalu
  • aku seng wong jowo orak biso boso jowo alus 😭

    Lifya imanisaLifya imanisa8 jam yang lalu
  • Ini lah tanda orang asing yg betul2 menemani bangsa indonesia, orang2 yg betul2 berbaur dengam budaya, orang indo sendiri malah gak banyak sperti itu...............indo sendiri terlalu sombong tdk mau membaur dgn masyarakat dan budaya

    Bayu AjiBayu Aji8 jam yang lalu
  • Weteng iku aluse "madaran"

    Ani SafaAni Safa8 jam yang lalu
  • kang dave, tak kiro awakmu sek 20an, tibakno wes 33 tibakno, rai ne pean rodok boros yo😃😃😃😃

    yudi suhartonoyudi suhartono8 jam yang lalu
  • Medok itu artinya apa ya?

    MasyudMasyud8 jam yang lalu
  • Saya aja gk ngerti bahasa jawa

    barayya motorbarayya motor9 jam yang lalu
  • Bapak katsumata ini biasa nonggo Yo cak

    kaede 2020kaede 202010 jam yang lalu
  • Putune mbah Sugiono

    kamdi gonzaleskamdi gonzales10 jam yang lalu
  • Wehh masokk🥰

    MEONG MUSICMEONG MUSIC10 jam yang lalu
  • Harusnya mas Nao diminta ngomong bahasa Jepang juga. Aku kok gak percaya dia orang Jepang. Medok banget rek 🤣

    Dzerlina S.RDzerlina S.R10 jam yang lalu
  • Org luar pintar ngomong Jawa...lha byk anak2 Jawa yggk bisa ngomong jowo

    swad dswad d11 jam yang lalu
  • berasa ngerungokne pakdhe ku soko magelang

    Buzz LightyearBuzz Lightyear11 jam yang lalu
  • Sama2 hamba Allah, keturunan Nabi Adam As

    Hasan SutrisnoHasan Sutrisno11 jam yang lalu
  • Pakpung lek gak salah iki bosone wong tuwo karo anak-anak. Lek wong tuwo ngongkon adus anake: ayo pakpung dhisik.

    Sugeng PurwantoSugeng Purwanto11 jam yang lalu
  • Weteng boso kromo inggile madharan.

    Sugeng PurwantoSugeng Purwanto11 jam yang lalu
  • Khatam iku artine selesai. Tamat. Soko bahasa Arab. Awale boso ngaji. Lek wis mari moco Quran 30 juz disebut khatam. Terus boso iki digawe nang pergaulan sehari-hari. Artine, wis melampaui satu pengalaman tertentu. Contoh: Soal kuliner wis khatam. Artine pengalaman temen.

    Sugeng PurwantoSugeng Purwanto11 jam yang lalu
  • Weh mas sak almamater namche👍👍👍

    Fadillah AdkirasFadillah Adkiras12 jam yang lalu
  • Mirip mas jon TOP

    Who Am IWho Am I12 jam yang lalu
  • ibu Naomi, malah jadi sinden wayang yg suka ikut pak Manteb tuh.. cak Dave,... mas Nao bahasa jowone 👍, utk cak Dave ada yg kurang pas dlm pengucapan dalam pengertian kata MANDI pengucapannya ADUS bukan ADHUS maaf cak, mungkin seperti itu utk pengucapan kata MANDI dalam bhs jowo yang pas, dan ada juga kata DODO menjadi DHODHO,.. WEDUS menjdi WEDHUS,..ADOH bukan ADHOH, ini utk pengetahuan saja cak,

    Manto susilo SusiloManto susilo Susilo12 jam yang lalu
  • Nonton arek suroboyo karo cah jogja. Terusno....yo sing akurr...

    fatur satufatur satu13 jam yang lalu
  • Keren lucu banget

    Afa ChannelAfa Channel13 jam yang lalu
  • #JogjaHadir

    Cemenong_ykCemenong_yk13 jam yang lalu
  • Keren

    Grace AndriyanaGrace Andriyana13 jam yang lalu
  • weteng niku nggeh madaran mas devv

    Ayanz ArjonAyanz Arjon14 jam yang lalu
  • Walah cah Sasindo FIB UGM kui 🤣🤣🤣

    Nino CarlitosNino Carlitos14 jam yang lalu
  • Madaran seng bener cak Dave (weteng)

    Herawati SuwarnoHerawati Suwarno15 jam yang lalu
  • Siram itu untuk orang tua pakpung itu untuk anak kecil...

    Kania ChannelKania Channel15 jam yang lalu
  • 8:29 islam detected

    BOLENG PHOENIX 2BOLENG PHOENIX 215 jam yang lalu
  • Sopan banget masyallah

    Yanti. JudahYanti. Judah15 jam yang lalu
  • Bener cak, kata "khatam" juga dipake wong malang, artine wes tamat. Asline khatam iku digawe kalimat, "Khatam baca Alquran" biasane, artine wes tamat. Cmiiw

    cipuput pu3cipuput pu316 jam yang lalu
  • khatam is tuntas, kalau frasa khatam di kalimat itu artinya, "wis tau kabeh"

    Pitaloka HapsariPitaloka Hapsari16 jam yang lalu
  • Aku ugo pingin nang jepang rek aku seneng banget ono wong luar negri iso bboso jowo opo meneh kromo inggil wis pokoke jos

    UsmanUsman17 jam yang lalu
  • Madharan

    Vtube TerbaruVtube Terbaru17 jam yang lalu
  • Tahu orang luar bisa basa jawa dah sering. Tapi bisa basa jawa halus. It's so amazing

    Reksa MahardikaReksa Mahardika17 jam yang lalu
  • Khatam itu sbnernya dr bahasa Arab Cak Dave, yang artinya "akhir/terakhir/selesai/rampung" (ختم), jd kalo td Mas Nao bilang "seluruh kota di jawa wes khatam".. betul kata beliau sudah "komplit" atau "selesai semua dr awal sampe akhir" begitu maksud nya.. 😁😁😁

    Afidatul AnwarAfidatul Anwar18 jam yang lalu
  • Gaiso berkata kataa 😵

    bayu santosobayu santoso18 jam yang lalu
  • Pinter bohosone jowo alus ..mase japan ..jan sopan Karo sak umurane boso trus...heheh jooos

    GO B4NGO B4N18 jam yang lalu
  • Ngah nggih... Wis ketok jogjane... 😀

    Akhsan SuccesAkhsan Succes19 jam yang lalu
  • seneng liatnya..... 😍 liat bule faseh kromo inggel

    andria fitriandria fitri19 jam yang lalu
  • pak pung itu mandi untuk anak kecil,,, siram itu mandi untuk orang tua,,,(kromo)

    sri hartantisri hartanti20 jam yang lalu
  • Ngrungokke Pak Naohiro Katsumata, dadi eling jaman2 KKN neng Jogja pas ngobrol karo bapak2. Kethok nek Pak Naohiro Katsumata wong e sgt2 humble sekali.

    Khalifany Ash ShidiqiKhalifany Ash Shidiqi20 jam yang lalu
  • Salam Mas Nao.... Dari Jogja

    EXM TVEXM TV20 jam yang lalu
  • mas Nao.. bnr2 bahasa jawa khas jogja.. Super

    Kholid MunirodinKholid Munirodin21 jam yang lalu
  • Wonogiri Jawa Tengah Hadir Nyimak Monitor Like Komen disini Silaturahmi Virtual. Wong luar negeri Dow pinter boso jowo ayo konco2 Kabeh semangat Sinau boso Jowo Ojo kalah Karo wong asing. Kapan ke UGM lagi...

    ESTU MDAESTU MDA21 jam yang lalu
  • Boso jowone halus weteng iku ( madaran ) cak Dive

    edy wiyonoedy wiyono23 jam yang lalu
  • Wah koyoe cocok iki wawancara mbak hiromi kano, salah satu sinden dari Jepang

    dijenengi opo iki??dijenengi opo iki??23 jam yang lalu
  • Aku merasa sedih sebagai anak keturunan Jawa tapi ga bisa ngomong Bahasa Jawa.

    IrzaIrzaHari Yang lalu
  • Bukan jepang kayanya itu, kaya orang krapyak jogja

    ragil saputraragil saputraHari Yang lalu
  • Cak dave, kalau di daerah surabaya dan sekitarnya emang jarang yang pakai bahasa jawa krama alus. Karena memang beda logat juga. Kalau sekitar surabaya emang bahasa jawanya kebanyakan lebih ke ngoko (tapi gk semuanya), sedangkan makin ke barat bahasa jawanya makin mirip jawa tengah. Biasanya daerah tsb disebut daerah matraman. Jadi kalaupun ada bule jarang bisa bahasa krama di jawa timur ya itu wajar sih, karena lingkungannya juga beda.

    SomethingwrongSomethingwrongHari Yang lalu
  • Kira kira kalo saya tiba tiba ke Jepang 10 tahun gimana ya apakah pelanga pelongo terus bisa bahasa Jepang?

    EXHIBITIONEXHIBITIONHari Yang lalu
  • kalau bagi jatimuran udah termasuk bahasa halus, tp kalau di Jogja emang bahasa percakapan (dgn orang yg msh agak asing) ya seperti itu. semi alus tp masih mudah dipahami. kalau full pakai kromo inggil nanti lawan bicaranya yg kesulitan, full kromo inggil biasanya dipakai di acara formal atau seremonial

    Kls PtmwgsKls PtmwgsHari Yang lalu
  • Berasa kek TKI yg kerja di jepang wkwk untung doi ga lupa bahasa negara ny sendiri wkwk

    psychopvnx 666psychopvnx 666Hari Yang lalu
  • Madaran = weteng cak dave

    Channel sayaChannel sayaHari Yang lalu
  • perut= wetheng (padharan)

    mbah ayemmbah ayemHari Yang lalu
  • Contoh boso kromo inggil/ luwih halus malih Rambut= rikmo Sikil= suku Untu=wojo Moto= paninggal dst...

    Sri rejekiSri rejekiHari Yang lalu
  • Khatam ibarat baca buku, sudah mempelajari semua sudah selesai sampai akhir

    FASTABIQ OFFICIALFASTABIQ OFFICIALHari Yang lalu
  • Oh ya mas, klu di Malaysia juga, perkataan 'khatam' sering diguna utk maksud 'selesai' , 'tamat',

    Zahemi AZUL ISLAMIZahemi AZUL ISLAMIHari Yang lalu
  • Saya dari Malaysia mmg amat kagum melihat kalian berdua. Sering bercuti ke Infonesia tetapi masih belum berkesempatan ke Joghja, ada teman dr Malaysia yg pernah kuliah di UGM dulu, mmg katanya jika mahu melihat keaslian budaya Indonesia harus ke Solo dn Joghja. Juga Soerebaja yang sering menjadi tumpuan pelancong utk kebudayaannya terutama mereka dr Belanda yg pernah tinggal di sana. Dan semasa sy kuliah pendek d Jepun(Jepang) pd 2003, kumpulan kami memang kagum dgn tutors atau course guide kami yg bisa berbahasa Malaysia dn juga Indonesia dgn baik... Best of wishes utk kalian berdua

    Zahemi AZUL ISLAMIZahemi AZUL ISLAMIHari Yang lalu
  • Naoo digoleki kolik awakmu

    silit loverssilit loversHari Yang lalu
  • Nao alumni fib ugm..mbiyen aku di ospek arek e hahahaha

    silit loverssilit loversHari Yang lalu
  • aku aja g bisa krama fasih😭

    Yosep Catur Teguh YuwonoYosep Catur Teguh YuwonoHari Yang lalu
  • Setelah berhari-hari akhirnya saya buka 😂😂😂🤪

    Bagoez SaputraBagoez SaputraHari Yang lalu
  • Sangar

    Christian HadiantaChristian HadiantaHari Yang lalu
  • Khatam : hafal Papung (ngoko) : siram (kromo alus) : mandi Weteng (ngoko) : padharan (kromo alus) : perut Driji (ngoko) : racikan (kromo alus) : jari

    33_Kurniasari Ediningtyas33_Kurniasari EdiningtyasHari Yang lalu
  • Semprul Saya aja ga faseh bahasa jowo 😂😂 Sehat selalu ya sampean

    Rully RahadhianRully RahadhianHari Yang lalu
  • Khatam Niku nggh koplit niku mas masio jowo malang nek khatam nggh koplit 😂🙏

    Yusril Eka PramandaYusril Eka PramandaHari Yang lalu
  • Pak Nao krama ne faseh sanget. Paling krama alus lan krama inggile tesih campur

    nur ahmad sidiqnur ahmad sidiqHari Yang lalu
  • Padaran weteng betuulll cak dev👍👍👍

    Siti MujiatiSiti MujiatiHari Yang lalu
  • Bahasa Jawa di banggakan oleh negara lain,tpi di hina oleh orang negara sendiri sampean Kuwi waras Nopo mboten(kalian itu sehat gak otak nya)😂

    Najib AliansyahNajib AliansyahHari Yang lalu
  • 0tak jepang pancen hebat , super genius.

    Siswanto Bin sojoSiswanto Bin sojoHari Yang lalu
  • wong jepang medok🤣😂🤣😂🤣 kayak wong seng nang film yakuza

    indraine foxtrindraine foxtrHari Yang lalu
  • Ini logat japannya udh ilang kaya bukan japan jdinya. Bahasa alus jogja sama solo

    sari dimantisari dimantiHari Yang lalu
  • Malu ogut jd org jawa... tp ga bs bhs jawa, keren mas nao...

    Nuri WidyastutiNuri WidyastutiHari Yang lalu
  • Kok ngerti Alhamdulillah barang wong Jepang...keren

    RACHEL DANCE COVERRACHEL DANCE COVERHari Yang lalu
  • マダランiku kromo ne weteng

    Shin Nou BagusuShin Nou BagusuHari Yang lalu
  • orang Jepang lama di Jogja kuliah sastra Indonesia fasih boso Jowo alus, keren tenan kangmasss

    mustafaeka ramadhanmustafaeka ramadhanHari Yang lalu
  • Ngakak pas mas nao bilang sate klathak😂

    Le_ToysLe_ToysHari Yang lalu
  • Bolone mas hansol iki 😂😂

    Farhana RaqwaniFarhana RaqwaniHari Yang lalu
  • Pakpung biasanya utk anak kecil. Krama-nya ya siram.

    Dina DaryonoDina DaryonoHari Yang lalu
  • Japanese rasa javanese。。

    BriztyBriztyHari Yang lalu
  • Pakpung di gawe cah cilik.

    Mifta NisaMifta NisaHari Yang lalu
IDworlds