Terdampar empat tahun di laut: 'Kami seperti hidup di neraka' - BBC News Indonesia

22 Peb 2021
213 574 Ditonton

Para awak kapal tanker MT Iba berbendera Panama ini terombang-ambing di laut lepas selama empat tahun terakhir.
Nasib mereka terkatung-katung setelah perusahaan pemilik kapal, Alco Shipping, bangkrut.
Selama bertahun-tahun pula, lima awak kapal ini tidak digaji. Bahkan, pemilik kapal masih berutang setara Rp3 miliar pada mereka.
"Kami seperti hidup di neraka," kata salah satu awak.
Setelah jangkar mereka rusak dan terlepas akibat badai, MT Iba sempat terhanyut hingga terdampar di dekat garis pantai Umm Al Quwain, Uni Emirat Arab. Namun, para awak tidak bisa meninggalkan kapal karena paspor mereka berada di tangan pemilik kapal dan tidak memiliki visa untuk masuk ke wilayah UEA.
Ini kisah mereka.
Berlangganan channel ini di: bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: instagram.com/bbcindonesia/
Twitter: twitter.com/BBCIndonesia
Facebook: facebook.com/BBCNewsIndonesia/
#bbcindonesia

Komentar
  • Blokir aja negara Myanmar gak ada toleransi nya.... Jangan berulah negara kecil kok bikin masalah

    Mohamad IrfanMohamad Irfan20 jam yang lalu
  • Di bikin film bagus nih

    Rizky Imam PurwajiRizky Imam PurwajiHari Yang lalu
  • Tidak ada sifat kemanusiaan di kota itu.

    Sechal MaSechal MaHari Yang lalu
  • mengerikan, masing2 dari mereka adalah kepala keluarga yg sudah bekerja habis2an untuk menghidupi keluarga,tetapi nasib mreka ditelantarkan oleh majikan yg tidak bertanggung jawab, Tuhan Memberkati orang2 kapal yg malang ini untuk hari depan yg lebih baik dan penuh harapan untuk kelanjutan menghidupi keluarga

    GalihGalihHari Yang lalu
  • Semoga para pelaut di seluruh dunia selalu dalam lindungan Allah swt Amin YRA.. ya Allah ya Robbi

    Hendrik Purnomo HadiHendrik Purnomo Hadi2 hari yang lalu
  • Ap ini

    Vidio StoryVidio Story2 hari yang lalu
  • resiko kalau kerja di negri orang yg legal aja bsa bermasalah apalagi yg ilegal.

    alfi 123alfi 1232 hari yang lalu
  • Ini ceritanya kyk kapten pilip gk sih?

    TheMathewpatelTheMathewpatel2 hari yang lalu
  • Harusnya dikiloin tuh kapalnya, tinggal hitung GT brpa.

    john songkojohn songko2 hari yang lalu
  • Nggk masuk akal klo sampe 4thn๐Ÿ˜

    bocah ndugallbocah ndugall2 hari yang lalu
  • Beginilah beratnya kerja di laut, miris nya orang2 di darat (bukan kerabat) seenaknya minta2 uang ke pelaut, dikira kerjanya gampang

    ikhwan idhamikhwan idham3 hari yang lalu
  • Subscribe ProNub channel para brother !!!.

    Pro Nub chanelPro Nub chanel3 hari yang lalu
  • gila kalo gw jadi mereka mah bakal gw lari ke kbri. sapa yg mo nangkep kalo yg jemput org kedutaan

    The BukitsThe Bukits3 hari yang lalu
  • 4 taon di laut makan apa cuy

    User TankUser Tank4 hari yang lalu
  • Hebat juga tuh 4thn

    Uchiha ItachiUchiha Itachi4 hari yang lalu
  • Emang pihak UEA nya diem aja kah? Kalo di Indonesia pasti dah dibantu pihak pemerintah RI buat koordinasi dengan pihak kedubes atau pihak berwenang lain

    Bang UchenBang Uchen4 hari yang lalu
  • Gak bisa bayangin,selama 4 tahun ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

    Diah WirantiDiah Wiranti4 hari yang lalu
  • Andai pemerintah Indonesia pasti udh dihujat abis2an :\/

    bhaga sasibhaga sasi4 hari yang lalu
  • 4 tahun terdampar di pantai negara sultan masa gak ada pertolongan

    aldo_ perwiraaldo_ perwira4 hari yang lalu
    • Sultan pelit ..

      Kok Hoa KikKok Hoa Kik4 hari yang lalu
  • Mending dilubangi kapalnya biar tenggelam sama sama rugi besar

    Christ PieChrist Pie4 hari yang lalu
  • Mungkin kalau saya di posisi itu.. Paling 1 tahun nunggu.. Lebih baik cebur ke laut & ke panta negara tersebuti.. Di tahan negara lain kayanya lebih baik..dapet makan jelas & mungkin saja di pulangkan.. Kalau alasannya Logis.. Dr pda terkatung" smpai 4 thun..

    A41 ChannelA41 Channel4 hari yang lalu
  • 4 tahun mereka punya dubes nggk sih

    Wiwit AndriWiwit Andri4 hari yang lalu
  • & masih banyak ucapan orang" bilang. Enak y jadi PELAUT.. ๐Ÿ’ฉ

    i'm 4alonei'm 4alone4 hari yang lalu
  • Ah gk prcaya klo 4thn. HOAX

    Tukang komenTukang komen4 hari yang lalu
  • klo terdampar 4 bulan wajarlah,, ni sdh 4 thun msak negara gk memperhatikan rakyatnya yg trdampar di negeri orang..4 thun it pemerintah mereka ngapain aj ya..๐Ÿคฃ๐Ÿ˜

    Ali mustofa pshtAli mustofa psht5 hari yang lalu
  • maybe I'll find another job or something. too much trouble damn.

    Dont PlayDont Play5 hari yang lalu
  • Trs dpt supply makanan dr mana ya?

    freak everfreak ever5 hari yang lalu
  • Kenapa tdk menghubungi embassy atau ITF?

    Abdul latip al khanifAbdul latip al khanif5 hari yang lalu
  • Lah mun aing mah turun we sakalian liburan

    RAKYAT JELATA 007RAKYAT JELATA 0075 hari yang lalu
  • Lebih baik keluar aj dan ditangkap dan diurus

    cinta dan pengorban tvcinta dan pengorban tv5 hari yang lalu
  • Hebat. Awak kapal bilang terasa di neraka. Mereka pernah ke neraka?

    Ynssis sg kianYnssis sg kian5 hari yang lalu
  • Sistem yg menyusahkan awak kapal

    Arp bArp b5 hari yang lalu
  • kok jadi inget si Victor Navorski di film The Terminal,

    Mister MasterMister Master5 hari yang lalu
  • Gua mau berangkat ke Malaysia ke laut juga liat berita gini jadi ngeri๐Ÿ˜ญ

    Born2KillBorn2Kill5 hari yang lalu
  • 4 tahun, hidup mereka berhenti brooo

    Inri MopzycInri Mopzyc5 hari yang lalu
  • unsubscribe

    Luna jr.Luna jr.5 hari yang lalu
  • judulnya cari view

    Luna jr.Luna jr.5 hari yang lalu
  • Birokrasi diatas kemanusiaan

    CALIMA ProductionCALIMA Production6 hari yang lalu
  • ๐Ÿ’‰ 666=eternal ๐Ÿ’€.

    Christine TanChristine Tan6 hari yang lalu
  • Luis Suarez๐Ÿ˜

    For ExFor Ex6 hari yang lalu
  • Itu mah mending, Gw terdampar di rumah mertua 17 tahun hidup serasa di awasin paspampres

    Eril Extrada TVEril Extrada TV6 hari yang lalu
    • Terdampar di rumah mertu bukan nya serasa duduk diatas kompor panas . Wk wk wk wk wk

      Kok Hoa KikKok Hoa Kik4 hari yang lalu
    • Anjay. Seram bgt. Wkwkwkwk.....

      Ynssis sg kianYnssis sg kian5 hari yang lalu
  • Terlalu singkat, apa karena memang video singkat lebih banyak ditonton?

    Cleeon VirliefCleeon Virlief6 hari yang lalu
  • Kok bisa

    Mamang Asep OfficialMamang Asep Official6 hari yang lalu
  • Kalo dilaut bukanya ter ombang ambing min? Kok kaya aneh baca terdampar dilaut.

    Kistoni ZApKistoni ZAp6 hari yang lalu
  • Maungkin ada yang bertani di atas kapal itu, wkwk

    Rei EbenRei Eben6 hari yang lalu
  • di jual kapal tu kasi hasilnya sama mereka ...

    Isni RashidIsni Rashid6 hari yang lalu
  • Perusahaannya bangkrut krn membayar petugas terkait kedutaannya di daerah dimana mereka terdampar agar crew dicegat turun kedarat apalg pulang. Coba mereka jual itu mesin kplnya lalu berpest datangkan gerobak bakso beserta mas-masnya

    DARMIN, ANT-D, BST, IMDGDARMIN, ANT-D, BST, IMDG6 hari yang lalu
  • gak penting amat nih berita ngebahas bule

    Handi GustantoHandi Gustanto6 hari yang lalu
  • BBC - Berita British Chibai

    Handi GustantoHandi Gustanto6 hari yang lalu
  • Bang pernah ke neraka ya bang

    shiro emiyashiro emiya6 hari yang lalu
  • Saya kira terdampar itu cuman di darat

    Succesz IDSuccesz ID6 hari yang lalu
  • Ketika anda punya hak sebagai warga negara namun negara tidak menyediakannya ๐Ÿ˜‚

    Daniel Da Abad SukarnoDaniel Da Abad Sukarno6 hari yang lalu
  • Wahh baguss sekali pemmikiran mereka wajib untuk di jadikan film

    BAKUL ALAMBAKUL ALAM6 hari yang lalu
  • Pertanyaan nya,ni orang kapan pernah ke neraka??? ''_"

    agam setiawanagam setiawan6 hari yang lalu
  • Gw kirain karena kapalnya dibajak terus disandera

    LV427LV4276 hari yang lalu
  • Coba terdamparnya dimadura, pasti langsung ditawar tu kapal.... ๐Ÿคฃ

    Muhammad Ihsan RizaldiMuhammad Ihsan Rizaldi6 hari yang lalu
  • Sangat miris.. ๐Ÿคฆโ€โ™‚

    Ajyat_ Hilman_ 8.12Ajyat_ Hilman_ 8.126 hari yang lalu
  • Buat film aja 1 hari, di ulang 365x4

    Positive SmilePositive Smile6 hari yang lalu
  • penipu

    selalu ceriaselalu ceria6 hari yang lalu
  • Ini berita bohong,hoax.. mustahila gak ketemu maritim,tetangga sy pernah tenggelam naik drum minyak,cuma 4hari di tolong maritim.. coba bayangkan 4 thn gak ketemu sama maritim,bohong yg sangat besar,berita tolol di percaya,setiap perbatasan laut itu 24 jam maritim beroprasi secara bergantian. Berita goblok

    Dewa langitDewa langit6 hari yang lalu
    • Itu beda negara,kalo pengen tau lagi liat berita lain,asal blg gitu.

      Rafi Ahmad fauzanRafi Ahmad fauzan3 hari yang lalu
  • nggak usah jauh-jauh di indonesia yang begini juga banyak kok kasus pelaut terlantar begini,cuma nggak ke ekspos media ajah karena bos nya kuat bayar aparat sama pihak otoritas pelabuhan !

    NamsirahNamsirah6 hari yang lalu
  • seperti hidup dineraka??

    Jakafr10Jakafr106 hari yang lalu
  • Kan bisa masuk ke UAE trus disana ada kedubes negara mereka, kayak adek dr sulawesi yg terombang ambing d laut trus d bawa ke jepang d urusin pulang sama kedubes indonesia d jepang.

    AremanitaAremanita6 hari yang lalu
  • Pasti akan menjadi film kisah nyata, judulnya terdampar selama 4 tahun di laut,...

    Hendy satriaHendy satria6 hari yang lalu
  • Di saat manusia lebih memilih peraturan dari pada moral, disitulah saya merasa sedih.

    Rizaldi SatrioRizaldi Satrio6 hari yang lalu
  • Mending kerja di kapal pesiar, mantul

    Rhizaldi amazonRhizaldi amazon6 hari yang lalu
  • 4 tahun boss, bukan 4 bulan, negri Arab memang ngeri...masih lebih baik negri eropa dan Amerika

    Rhizaldi amazonRhizaldi amazon6 hari yang lalu
    • @Rafi Ahmad fauzan tonton vidio jangan di skipยฒ dia bilang gk punya visa dan pasport, trus klo dia turun dari kapal bakal di penjara dan ga di gajih sia sia dong dia bertahan di kapal selama bertahun tahun klo ga digaji yaa jadi negeri arab ga ikut campur

      sultan stnsultan stn3 hari yang lalu
    • @sultan stn itu buktinya di video

      Rafi Ahmad fauzanRafi Ahmad fauzan3 hari yang lalu
    • Itu buktinya di video

      Rafi Ahmad fauzanRafi Ahmad fauzan3 hari yang lalu
    • ngeri gmana bos?

      sultan stnsultan stn6 hari yang lalu
  • Ini sedikit gambaran dari para pekerja di laut. Realitanya masih banyak banget permasalahan, susah terendus karena jauh dari daratan, orang2 yang kerja di darat taunya mereka kerja dapet gaji besar..

    saefulloh misbahudinsaefulloh misbahudin6 hari yang lalu
  • Bbc ngasih berita kagak jelas... Mending pindah aja ke tv lu sono.. IDworlds bukan tempatmu

    bang putrabang putra6 hari yang lalu
  • 4 tahun wkwkwk, gw ajh punya rumah di tengah laut ampe belasan tahun ajh ga kyak neraka, malahan surga itu hilang dari kebisikan, tenang damai,

    Aldo WongsoAldo Wongso6 hari yang lalu
    • Iya tuh makan susah,mau kemana mana susah,kalo km kan rumah dendiri,bisa kmn mana

      Rafi Ahmad fauzanRafi Ahmad fauzan3 hari yang lalu
    • masalahnya gak boleh kedaratan karena gak punya visa, gak ada gaji, nasib gak jelas , dapet damai dari mana?

      Jehian EzraJehian Ezra6 hari yang lalu
  • 1 hari didarat 10 tahun dilaut = flying dutchman curse

    Dimas NarendrraDimas Narendrra6 hari yang lalu
  • Kok malah yayasan amal yg membantu mereka bukan presiden ato pemerintah mereka?

    iput muaiput mua6 hari yang lalu
    • Biasanya abk kapal tsb, bukan dri 1 negara, tp diisi dr berbagai negara. Sprt abk Indonesia, thailan, dan china dlm 1 kapal. Mngkin kurang koordinasi

      Den DjakaDen Djaka5 hari yang lalu
  • Untuk pencerahan Saha, sy kerja di UAE smp skrg, ini visit visanya ga diurut sm perusahaan kapal. Perusahan kapal ini yg bermasalah. Tiap jumat sy sholat bareng dgn pelaut 2 muslim terutama dari indonesia

    Asep JatnikaAsep Jatnika6 hari yang lalu
  • 4 tahun telantarkan mereka dan keluarga mereka... g berkah

    masonry maverickmasonry maverick6 hari yang lalu
  • Tega...itu kapal di scrapping aja jadi serpihan buat bayar ..4 tahun glebek pemiliknya...orang dianggap ..kucing...di lepas gitu doang..kapal ..kan pake listrik..pake ...bahan bakar...kamar mandi pake listrik ..mandi pake listrik...masak pake listrik...nyimpen bahan makanan ...suplay makanan ...dari mana ?? Selamz 4 tahun ..untung ada yayasan seaferer organization...yg nolong...!!

    Gede Roni YansenGede Roni Yansen6 hari yang lalu
  • W kita Mischa Chandrawinata

    sucaysucay6 hari yang lalu
  • kapal apa ini...belum lama cerita pilu awak kapal ikan yg di siksa di kapal di kapal ikan china.....

    biasa sajabiasa saja6 hari yang lalu
  • Knp gk dijual aja kapalnya kan lumayan buat gaji kalian yg belum dibayar

    Andreas PanjaitanAndreas Panjaitan7 hari yang lalu
  • Terdampar kok di laut? Terkatung-katung kali maksudnya

    Wirausaha Mandiri IndonesiaWirausaha Mandiri Indonesia7 hari yang lalu
  • Negara mereka apa tuli ? Kok diam saja ? Awal kejadian gimna sih ? Ending gmna ?

    Vladimir PutinVladimir Putin7 hari yang lalu
    • Give SU57 LAHHH EH MAAP IYAAAAA SALAMMMMMMM

      ARDHYA WIRA PMARDHYA WIRA PM4 hari yang lalu
  • 4 tahun = 1460 hari....ampun gila ini mah... Layak diangkat ke layar lebar.

    Lady TraderLady Trader7 hari yang lalu
  • Aneh bagi gw sih

    YUSUFYUSUF7 hari yang lalu
  • Bersyukur jadi warga negara Indonesia

    KOMITMEN TVKOMITMEN TV7 hari yang lalu
  • Kebodohan terselah

    Undercryingfun UndercryingfunUndercryingfun Undercryingfun7 hari yang lalu
  • Kapalnya jual lumayan bisa gnti rugi gajinya

    joe baidenjoe baiden7 hari yang lalu
  • 5thn lgi jdi film๐Ÿคฃ

    Arman Aji SaputraArman Aji Saputra7 hari yang lalu
  • Kalau orang indonesia itu pasti sudah di serbu netizen

    MUH. EFENDI A. YINATAMUH. EFENDI A. YINATA7 hari yang lalu
  • Saya pernah spt itu, seminggu aja udh ga betah..๐Ÿ˜‚

    Tunas PrtTunas Prt7 hari yang lalu
    • Enak kan kerja di kapal.

      Arbany 15Arbany 155 hari yang lalu
  • Coba mendarat di madura..udah tinggal bongkar

    Tata KalsumTata Kalsum7 hari yang lalu
  • Pemerintahnya sibuk goyang pinggul sama wanita dari duit rakyat

    Penyembah garis keras Sunda EmpirePenyembah garis keras Sunda Empire7 hari yang lalu
    • Waduh... enakin di dia ny donh

      bang beebang bee6 hari yang lalu
  • Pertanyaan nya cuma 1, gerakan dari pemerintah nya kmn aja ? 4 tahun !? Wtf lah

    berry benedickberry benedick7 hari yang lalu
  • Onta mah gitu, negri sesama muslim padahal. Agamanya ga dipake, lebih parah dari negara zionis.

    NiRus ChanelNiRus Chanel7 hari yang lalu
    • Lahh kenapa urusan negara? Kan gak bisa pulang perusahaan bangkrut

      Ibnu AffanIbnu Affan7 hari yang lalu
  • rasa kemanusia sangat rendah di arab padahal lahir para nabi , kadrun yang pengen indonesia seperti arab. mana hukum syariahnya yang kata adil buat manusia , adil bagi yang punya duit

    LALAT_IDJOLALAT_IDJO7 hari yang lalu
    • @Ibnu Affan mungkin maksudnya pemerintahnya

      Rafi Ahmad fauzanRafi Ahmad fauzan3 hari yang lalu
    • Wkwkwk komentar asal ceplos, mereka makan di bantu relawan Arab

      Ibnu AffanIbnu Affan7 hari yang lalu
  • PELNI juga pernah waktu itu hampir setahun Kakek saya gak dibayar hampir setahun, nganggur di kapal. Terulang lagi sama Ayah saya, PT Djakarta Lloyd bangkrut di tahun2 2010-2012an, kru kapal sampai pada gila di kapal. Mau keluar takut pesangon puluhan juta gak dibayar, mau dikapal terus tapi gak digaji. Terulang lagi waktu di Hanjin Shipping, yg notabene termasuk salah satu dari 5 pelayaran kontainer paling gede di dunia. Terulang lagi di PT Alken ๐Ÿ˜–๐Ÿ˜– Gila sih sistem kerja di Kapal, gatau gimana ngatasinnya, kejadian kaya gitu, entah Swasta, entah BUMN, entah diluar Negeri, semua sama saja.

    Raffa_Gaming 27Raffa_Gaming 277 hari yang lalu
    • @Namsirah bener bgt.. sebenarnya ya balik lagi ke pelautnya sendiri. Dulu salah satu temen ayah, pilih keluar duluan. Diketawain sama kruยฒ lain "lu ga sayang pesangon sekian puluh juta nya ilang??" Dia jawab gini "gw pilih ilang itu pesangon daripada harus nganggur, nanti hutangnya malah lebih banyak" eh bener kejadian apa yg dia bilang ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‚

      Raffa_Gaming 27Raffa_Gaming 276 hari yang lalu
    • @Raffa_Gaming 27 itu dia kurang peka nya mereka ngab,kalau gue diposisi mereka nih udah turun dari awal 3 bulan nggak digaji lapor harbour master otority,tanya ke agenan siapa,lapor ambassador soal dokumen bisa di urus kembali kok tinggal urus di dirjen perla domisili negara masing-masing

      NamsirahNamsirah6 hari yang lalu
    • @Namsirah nganggur nunggu kapal nongkrong, kalau di negara sendiri masih enak, bisa turun ke darat, jual2in isi kapal. Itu juga stress bukan main. Gimana yg dia nongkrongnya diluar negeri, paspor ga megang, hiburan ga ada ๐Ÿ˜ญ

      Raffa_Gaming 27Raffa_Gaming 276 hari yang lalu
    • bener ngab apalagi kasus hanjin buming tuh gara-gara bos nya kalah judi imbasnya ke pelaut yang on board,gue ngerasain 3 bulan belom digaji ajah udah stress gmn yang sampe 4 tahun ๐Ÿ˜‚

      NamsirahNamsirah6 hari yang lalu
    • @Agung Rizki duka nya pelaut yg emg pure ngandelin perusahaan buat cari duit ya gitu mas.. itu pelaut yg suksesยฒ karena emg backgroundnya kaya duluan, duit backup nya gede, bisa bikin sertifikatยฒ pendukung buat ke kapalยฒ besar di perusahaan bonafit..

      Raffa_Gaming 27Raffa_Gaming 276 hari yang lalu
  • Kira kira organisai maritim internasional dan negara asal nya pd kemana yak? Hebat sih pd tutup mata semua, w kontrak 6bulan pelayaran lokal aja berasa dipenjara ๐Ÿค

    Adiyat RiswanAdiyat Riswan7 hari yang lalu
    • @Adiyat Riswan kalau nggak coba di global maritim genk transhipment line banjar nih crewingnya +628129588385 bapak tri

      NamsirahNamsirah6 hari yang lalu
    • @Namsirah wkwkwkwk siap kapito... makasih info nya sangat bermanfaat bro

      Adiyat RiswanAdiyat Riswan6 hari yang lalu
    • @Adiyat Riswan kalau ada pengalaman ex tb coba di habco / mbp bro masih lumayan kok disana untuk basic salary,premi dll

      NamsirahNamsirah6 hari yang lalu
    • @Namsirah waduuh kita pengalaman kapal kecil bro main disungai aja mana bisa join disana hehehehe

      Adiyat RiswanAdiyat Riswan6 hari yang lalu
    • @Adiyat Riswan iya genk AKR perusahaan sunda kelapa,kapalnya kecil kecil kok cobain deh join disini โ˜น๏ธ

      NamsirahNamsirah6 hari yang lalu
  • Klo mnurut aturan yg sya tahu, abk yg tidak d gaji sma sekali slama 3 bulan atau lebih berhak menjual aset/barang yg senilai dg gaji tunggakan mereka. Tp gk tahu juga bgmna aturan PKL yg mreka tndatangani, krn aturan perusahaan itu mutlak d taati krn ad tndatangan abk d situ, walaupun itu bertentangan dg aturan internasional.

    Maling PitikMaling Pitik7 hari yang lalu
  • Perbudak di atas kapal harus segala di hentikan, sudah banyak korban. Dunia Internasional harus tegas nentukan hukum di laut yang saat ini terjadi.

    Gigih supriyantoGigih supriyanto7 hari yang lalu
  • 4th itu mungkin masih dalam kontrak, pulang2 melompong.. gila gila....

    WawanWawan7 hari yang lalu
  • Dekat pantai uni emirat arab???... orang2 kaya disana miskin hati juga ye ternyata.. mau pada dibawa modar kali hartanye๐Ÿ‘Œ

    Agus CawangAgus Cawang7 hari yang lalu
    • @Agus Cawang negara asalnya aja gak peduli, mereka gak punya dokumen dan mereka gak mau kedarat karena takut dipenjara dan gajinya gak dibayar oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Kalau mau berfikir 4 thn dikapal itu pilihan mereka kalau mereka mau kedarat jelas akan diurus oleh negara mereka karena mereka ditahan oleh pihak berwenang.

      Daniel AhmadDaniel Ahmad6 hari yang lalu
    • @Daniel Ahmad bantuan buat makan doang selama 4th?!... klo jernih harus berpikir. Ngapain harus didiemin diatas kapal selama 4tahun?!!

      Agus CawangAgus Cawang6 hari yang lalu
    • Kalau gak ada bantuan dari negara mereka terdampar, selama 4 th mereka puasa?! Berfikirlah jernih

      Daniel AhmadDaniel Ahmad6 hari yang lalu
  • Gajelas banget ni berita Kronologinya kagak d beberin Gak mungkin kapal segede gaban terombang ambing di laut, secara teknologi d dalam kapal saya yakin sudah mumpuni Kalau terdampar pun, masa iya harus nunggu 4thn baru bisa di tolong

    uzu Growluzu Growl7 hari yang lalu
    • beritanya jelas kok, kru kapal gak bisa ke darat karena gak punya dokumen, mereka bisa dituntut kalo ninggalin kapal. tapi ada lembaga kemanusiaan yang mbantu mereka ngasih supply dari daratan

      Jehian EzraJehian Ezra6 hari yang lalu
IDworlds