Jika Manusia Tidak Pernah Ada, Makhluk Apa yang Menguasai Bumi?

13 Peb 2021
362 696 Ditonton

Spesies kita berada di puncak rantai makanan! Dengan otak besar dan peralatan canggih kita! Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya siapa yang akan mengambil tempat kita sebagai makhluk pintar dominan jika manusia tak pernah ada di Bumi?
Coba bayangkan: kamu berjalan ke kedai kopi dan seekor meerkat adalah baristanya. Atau kamu pergi ke tukang cukur, dan seekor primata mulai menggunting rambutmu dan mengobrol denganmu!
Untuk melengkapi semua itu, coba bayangkan sebuah pesawat antariksa raksasa menurunkan manusia di dunia hewan ini! Bagaimana cara kita bersaing dengan kungkang raksasa, harimau saber-tooth, dan mamut? Ayo tonton untuk melihat seperti apa kira-kira situasi itu!
#sisiterang
Animasi oleh Sisi Terang.
Musik oleh Epidemic Sound www.epidemicsound.com/
Materi stok (foto, rekaman, dan lain-lain):
www.depositphotos.com
www.shutterstock.com
www.eastnews.ru
___________________
Berlangganan Sisi Terang idworlds.info/history/Sg-Y9uI1E-my-I4WKKioEQ
FB business.facebook.com/sisi.terang.tsp/?business_id=10152879037135172
sisi-terang.com

Komentar
  • Jika Tidak Ada Manusia Maka Kalian Tidak Punya Handphone

    Frozt PlayzFrozt Playz3 jam yang lalu
  • DR.stone:awokawok lawak?

    Krisna Wijaya 22Krisna Wijaya 226 jam yang lalu
  • sekalian aja judulnya "jika tidak ada Tuhan apa yg terjadi?"

    Faisal AzmiFaisal Azmi16 jam yang lalu
  • Hewan dan tumbuhan bisa hidup tanpa manusia tapi manusia enggak

    Ysf RejYsf Rej19 jam yang lalu
  • Ini adminnya menganut teori darwin. Keturunan kera si admin

    Ahmad RudinAhmad RudinHari Yang lalu
  • Wait, pulau Sumatera kok nggak ada? 01:59

    Manusia BiasaManusia BiasaHari Yang lalu
  • Orang orang itu ada karena ada nya 😇🙏👼Allah islam like

    cho cho niala 2011cho cho niala 2011Hari Yang lalu
  • CONETALL maymake i can tought

    DreamyPvPDreamyPvPHari Yang lalu
  • Judul alternative: bagai mana jika adam dan hawa tidak memakan buah koldi.

    Mohammad Octa AndnurMohammad Octa Andnur2 hari yang lalu
  • 8:19 Yu Zhong

    はなくHeavyiはなくHeavyi2 hari yang lalu
  • Video bgni lah yang merosak aqidah seseorang ...lebih mempercayai teori manusia dari pada sabda tuhan ...yang menciptakan langit dan bumi ..

    Nurfan Aijo VickrieNurfan Aijo Vickrie2 hari yang lalu
  • Nex: Apa yang terjadi jika berita Indonesia selalu menyiarkan bukan berita soal selebritis,atau apa yang terjadi jika Indonesia menghargai orang orang pintar berkarya di angkat kisah nya ke media(viral), karena ke banyakan banyak orang cuma pansos doang bisa masuk TV contoh:chikaku chimoy montok mmmm Bowo tiktok coba kalo Indonesia tidak mengangkat mereka ke tv apa yang terjadi

    SAD CRAFTSAD CRAFT2 hari yang lalu
  • 3:43 bukannya manusia blum ada kok udh ada kapal yang tenggelam?

    Khahlil Azzam?Khahlil Azzam?2 hari yang lalu
  • 2:28 Sumatera was gone

    The DreamLinerThe DreamLiner3 hari yang lalu
  • Yaps.. dunia paralel..?? dunia yang mungkin ada dan tidak ada..

    farid iqbalfarid iqbal3 hari yang lalu
  • Siapa disini tidak percaya ama evolusi?

    Acix AdamAcix Adam3 hari yang lalu
  • Maaf telat

    adam faranadam faran3 hari yang lalu
  • Kenapa jika gak ada wanita atau pria gitu

    hadi Sodikinhadi Sodikin3 hari yang lalu
  • nabi adam : are you jokin' me

    Mansur AliMansur Ali3 hari yang lalu
    • Ini bukan pelajaran agama,ini sains di sains Tuhan gak exist

      31R31RHari Yang lalu
  • 3:47 knp ada Bangkai kapal, bukannya tidak ada manusia??

    Rizky HemawanRizky Hemawan3 hari yang lalu
  • 2:05 woi sumatra mlenceng amat

    Muhammad Zidan AzzakiMuhammad Zidan Azzaki3 hari yang lalu
  • Serigala itu namanya rangga dan tuan nya bernama rimuru

    Ikhlas AriqIkhlas Ariq3 hari yang lalu
  • indonesia kok kosong?

    Reza FauzanReza Fauzan4 hari yang lalu
  • Mendengarnya fakta/berita ini Mari kita pindah ke mars :v

    BUKAN WIBUBUKAN WIBU4 hari yang lalu
  • Hemmmmm.. 🙊🙈🙉

    Wa inshaa SalamWa inshaa Salam4 hari yang lalu
  • Wow furry😀

    NASTAR GAMINGNASTAR GAMING4 hari yang lalu
  • Jika tidak ada manusia siapa yang bagi makan kucing...😢😢😢...

    Fatah Al-WalidFatah Al-Walid4 hari yang lalu
  • 1:49 Wait. Pulau Sumatra mana?

    Mr GunMr Gun4 hari yang lalu
  • Buset kek cerita dr,stone

    FsL GmGFsL GmG4 hari yang lalu
  • Pararel

    Rina FazriahRina Fazriah4 hari yang lalu
  • Terlalu banyak nonton Film

    VideoScribe MESDENVideoScribe MESDEN4 hari yang lalu
  • 1:47 pulau sumatra kmn?!

    WhiteGuyWhiteGuy4 hari yang lalu
  • untung di situ gaada Senku

    Nicolas Nalindra WIratamaNicolas Nalindra WIratama4 hari yang lalu
  • 3:44 maaf mbak itu ada kapal :v

    ZERO 105ZERO 1054 hari yang lalu
  • Emang mungkin yah hewan bisa hidup seperti manusia ?

    Hilman Al FatihHilman Al Fatih5 hari yang lalu
  • Pulau sumatera bukan di bumi tah?

    Fahrul ZainiFahrul Zaini5 hari yang lalu
  • 3:44 kok ad perahu tenggelam? : v

    Zamaludin Yusuf CHZamaludin Yusuf CH5 hari yang lalu
  • Samlekom

    FARIS GAMESPOTFARIS GAMESPOT5 hari yang lalu
  • Setelah nonton tidur dehh😴💤

    •BLLAA••BLLAA•5 hari yang lalu
  • Min,emang ada hallucigenia?

    Afhang GameAfhang Game5 hari yang lalu
  • Gak berlaku untuk senku

    Riyant 9Riyant 95 hari yang lalu
  • Pembukaan UUD tahun 1945 Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. (Penjajahanya yang di hapuskan. Bukan manusianya) karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan pri keadilan. Ada dalam sila ke 2 kemanusiaan yang adil dan beradab. Tidak memikirkan akibat. soktau

    Rumekso IngsunRumekso Ingsun5 hari yang lalu
  • Yg liat magadascaŕ dan pulau sumatra posisinya gk pas fix kita satu server

    Ari A3Ari A35 hari yang lalu
  • Berarti apakah mungkin jika di masa depan nnti ada makhluk cerdas lain selain manusia karena beberapa hewan pun akan mengalami evolusi seperti manusia?

    Novanda Krishadi YudistiraNovanda Krishadi Yudistira5 hari yang lalu
    • Hmm

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • situ Tuhan? mau nyiptain makhluk sendiri?

    zio zzio z6 hari yang lalu
    • dahlah

      raja danzoraja danzo5 hari yang lalu
  • Intinya manusia bukan revolusi dari binatang

    Anbia DitaAnbia Dita6 hari yang lalu
  • Kamu bisa melihat?? Lah manusia kan nggak ada gmn bisa lihat

    Andes AndrianusAndes Andrianus6 hari yang lalu
  • Kalau tak ada manusia tak ada lah channel youtube ini 😝😝😝

    WiejanWiejan6 hari yang lalu
    • Lu juga

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • pocong pun punah karna bosan

    Yudis arbakencanaYudis arbakencana6 hari yang lalu
  • itulh yg aku ingnkan aku brcita cita untuk mbuat 2 bumi untuk hewan dan manusia agr semua nya trjaga 😊 ya tentu kita harus bljr bersunguh sunguh agr sumua nya trcapi dan sesuai impian 👍

    lubi eaziziunlubi eaziziun6 hari yang lalu
  • Rumahku pelihara ayam kampung.... T

    Nurmansah NurmansahNurmansah Nurmansah6 hari yang lalu
    • Terus?

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Tobangado

    Adam AlifAdam Alif6 hari yang lalu
  • Asli kalo ada hewan kek gitu dah kayak di re:zero asli

    irsyad udinirsyad udin6 hari yang lalu
  • Kalo Ndak ada manusia berarti hewan nya meninggoy dengan Khusnul khatimah Dan ga ada yutub

    Windows 10 channelWindows 10 channel6 hari yang lalu
    • ya gak lah. manusia itu perusak hewan.

      Shinta AriyatiShinta Ariyati6 hari yang lalu
  • Untung gue manusia

    Ekky MfEkky Mf6 hari yang lalu
    • Terus

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Hidup berdampingan dgn demi human tidaklah buruk kalau seperti di anime :v

    Dimas MaulanaDimas Maulana6 hari yang lalu
  • Dari sni kita tau, bahwa sisi terang mendukung evolusi dri kera. Nanti semua staff sisi terang jgn lupa cium tangan ya kalo ketemu kera,kan itu kakek buyut

    WIL&WIL&7 hari yang lalu
    • kamu juga ya

      Shinta AriyatiShinta Ariyati6 hari yang lalu
  • 1:44 lihat peta terus cari indo ngak ada Sumatra

    HNW GAMINGHNW GAMING7 hari yang lalu
  • Aku ingin bertanya?? Bagaimanakah manusia bisa mengartikan bahasa lain di zaman dulu.seperti bahasa indonesia ke bahasa inggris siapa kah yang mengartikan

    ZalditraZalditra7 hari yang lalu
    • Jadi ada orang yg bisa bahasa Inggris dan Indonesia, jadi dia paham keduanya, dan di cocokan, jadi deh

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Gak ada gua gak ada komen ini.

    Uzi zobaUzi zoba7 hari yang lalu
  • Mana Sumatra!!

    ragon gamingragon gaming7 hari yang lalu
  • Woi aku mau tanya,? Iyanya enggak itu? Jawab

    Mehendika Yudha PratamaMehendika Yudha Pratama7 hari yang lalu
  • Kalau tidak ada manusia Maka IDworlds tidak akan ada

    •SXkura Annie••SXkura Annie•7 hari yang lalu
    • lebih dari itu

      Shinta AriyatiShinta Ariyati6 hari yang lalu
  • Kenapa pada saat ada gambar globe, tidak ada pulau sumatera diIndonesia? Ada yang nyadar? Kecuali 05:17 seterusnya

    Imam MachdiImam Machdi7 hari yang lalu
    • Ada kok

      Realme 5iRealme 5i5 hari yang lalu
  • Siapa setuju kita semua tiada

    Nur izzatul78Nur izzatul787 hari yang lalu
    • Aku mau memperbanyak amal ibadah dulu

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Weh 👁️👄👁️

    Miracle FossaMiracle Fossa7 hari yang lalu
  • Hmm mirip Dr. Stone :v

    Yasha YTYasha YT7 hari yang lalu
  • 3:54 Burung nya melayang

    Foxy GamingFoxy Gaming7 hari yang lalu
    • @Dave MTA wkw

      Foxy GamingFoxy Gaming5 hari yang lalu
    • Dia ngecheat tanpa gravitasi

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Apa yg terjadi kalo rainer mati di episode 1???? Min tolong di jawab :)

    Un SmileUn Smile8 hari yang lalu
  • Orang lain: "Parallel" Me: "Palalel.. "

    azure moonazure moon8 hari yang lalu
    • Isekai

      nisaiyant 78nisaiyant 787 hari yang lalu
  • Pls ka plss

    Raya TalarRaya Talar8 hari yang lalu
  • Kaka face refill

    Raya TalarRaya Talar8 hari yang lalu
  • doctor stone

    Dracko XDracko X8 hari yang lalu
  • 3:54 burungnya melayang jir :v

    LeviαnαLeviαnα8 hari yang lalu
    • Ngecheat

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • betul

    Widy AstutiWidy Astuti8 hari yang lalu
  • Nope

    1053 Arifah Ulviah1053 Arifah Ulviah8 hari yang lalu
  • Nope

    1053 Arifah Ulviah1053 Arifah Ulviah8 hari yang lalu
  • Kok jadi pingin main minecraft ya?

    MEG GAMINGMEG GAMING8 hari yang lalu
  • Cadel 😂

    Rizqi AdillahRizqi Adillah8 hari yang lalu
  • Dongeng 😅

    TDM GamingTDM Gaming8 hari yang lalu
  • Mastodon itu mammoth ya ?

    06 I Made Rama Ngawit Sanjaya06 I Made Rama Ngawit Sanjaya8 hari yang lalu
  • Plot twist : kalau gak ada manusia video ini gak ada dan Animator gak ada

    Langit NationLangit Nation8 hari yang lalu
    • Emang

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Mimin kaya'a 😅😅😁😁😁😁

    the idan'zthe idan'z8 hari yang lalu
  • Kemungkinan Jin

    AzfarAzfar8 hari yang lalu
  • Halo min, saya membaca buku Sapiens dan tak menyangka bahwa spesies kita adalah bencana bagi alam. Nenek moyang kita memusnahkan lebih dari 75% spesies yang ada. Tapi saya penasaran, bagaimanakah jika primata tak berevolusi namun justru salah satu hewan lautan yg berevolusi dan mengembangkan otak. Bagaimanakah kondisi laut saat ini? Thanks

    Angga NavilleraAngga Navillera8 hari yang lalu
  • Keren

    Aleron rizaAleron riza9 hari yang lalu
  • 1:44 sumatra hilang

    Kakak ZivanKakak Zivan9 hari yang lalu
  • Request: Apa yang terjadi jika *bumi* tidak ada

    ꧁Z͍.͍ G͍A͍C͍H͍A͍ O͍F͍F͍I͍C͍I͍A͍L͍꧂꧁Z͍.͍ G͍A͍C͍H͍A͍ O͍F͍F͍I͍C͍I͍A͍L͍꧂9 hari yang lalu
    • Hmm menarik sih

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
    • Yah:(

      ꧁Z͍.͍ G͍A͍C͍H͍A͍ O͍F͍F͍I͍C͍I͍A͍L͍꧂꧁Z͍.͍ G͍A͍C͍H͍A͍ O͍F͍F͍I͍C͍I͍A͍L͍꧂9 hari yang lalu
  • kak bikin video tentang kalau bumi isinya air semua nanti isi nya apa aja misalnya kraken ada banyak, megalodon masih ada,dll

    Light SoberLight Sober9 hari yang lalu
  • ZOOTOPIA

    Worldwide Naval UnionWorldwide Naval Union9 hari yang lalu
  • Semua itu ciptaan Allah

    banana gamingbanana gaming9 hari yang lalu
  • Gw masih penasaran apa yng terjadi saat nabi Adam turun ke bumi, bahasa apa yang pertama kali dipakai? Yang tau jawab ya

    dark zagi officialdark zagi official9 hari yang lalu
    • Bahasa isyarat

      Bienov MugiharjaBienov Mugiharja9 hari yang lalu
  • kalo gk ada manusia gk ada youtube buat video ini

    NicK HQNicK HQ9 hari yang lalu
    • Itupun kalau

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • 3:55 di atas ada burung yg ngebug dan di bawahnya kek ada ekor hewan warna hijau menyatu dengan alam;-;

    Utami_Gacha_ ChanUtami_Gacha_ Chan9 hari yang lalu
    • Kadal itu

      Foxy GamingFoxy Gaming6 hari yang lalu
  • 07:22 Kok di Indonesia gaada yang menetap ya😐?

    Shiki FujinShiki Fujin9 hari yang lalu
    • @Dave MTA Gpp,malah nambah wawasan🙏

      Shiki FujinShiki Fujin5 hari yang lalu
    • Indonesia belum ada, karena belum jadi pulau, setauku Indonesia terbentuk dari gunung berapi, dan itulah alasan Indonesi mempunyai banyak hal yg langka, maaf kalau salah

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
  • Siapa yang nonton hari ini??

    Qumaira WildaniQumaira Wildani9 hari yang lalu
  • great barrier reef deket indonesia tuh

    wilsen jordanwilsen jordan9 hari yang lalu
  • Sedang menunggu makhluk benci sesama makhluk

    MonsYT indMonsYT ind9 hari yang lalu
  • 2:18 yah indo kok gitu

    Gaming StudioGaming Studio9 hari yang lalu
  • 8:35 ada singa

    Monyet itam keren Wukong hutungMonyet itam keren Wukong hutung9 hari yang lalu
    • Auti click wkwkwkwk

      Dave MTADave MTA5 hari yang lalu
IDworlds