Kritik Tanpa Intrik: Jubir Istana vs Refly Harun soal Kasus Ahok (Part 2) | Mata Najwa

17 Peb 2021
477 790 Ditonton

Ketua YLBHI Asfinawati mengatakan penegakan hukum dalam jerat kasus UU ITE menjadi selektif ketika bersinggungan dengan politik, apakah dekat dengan pemerintah atau oposan.
Fadjroel Rachman kemudian menanyakan soal kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang adalah sosok yang dekat dengan Jokowi, namun berakhir di penjara.
“Untuk kasus bukan delik aduan itu inisiatif polisi. Kasus Ahok bukan delik aduan karena kalau dia bukan delik aduan itu dia diserahkan ke polisi. Nuansa politik 2017 ikut mewarnai kasus ini sehingga polisi gak bisa bedain delik aduan dan delik umum,” kata pakar hukum tata negara Refly Harun.
#MataNajwa #kapalapi
(Narasi)
Tonton juga Mata Najwa eps. [Kritik Tanpa Intrik] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah.
Part 1 - bit.ly/3pq6FDf
Part 2 - bit.ly/2Ng0ftt
Part 3 - bit.ly/3apTGNM
Part 4 - bit.ly/2ZsFD3z
Part 5 - bit.ly/3biGSIj
Part 6 - bit.ly/3qyVlpK
Part 7 - bit.ly/3quvlvX
Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
Tonton konten lainnya juga di IDworlds Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeIDworldsNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
- Narasi Entertainment bit.ly/SubscribeYTNarasiEntertainment
- Narasi Stories bit.ly/SubscribeNarasiStories
- Narasi Talks bit.ly/SubscribeNarasiTalks
- Narasi Sports bit.ly/SubscribeNarasiSports
Jangan lupa subscribe yaa..
Follow:
instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabofficial

Komentar
  • Tonton juga Mata Najwa eps. [Kritik Tanpa Intrik] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah. Part 1 - bit.ly/2LYxD7l Part 2 - bit.ly/2ZDUit7 Part 3 - bit.ly/3jYOSSP Part 4 - bit.ly/3poX6EI Part 5 - bit.ly/3atKZC3 Part 6 - bit.ly/2NBIPam Part 7 - bit.ly/3pnZ48o

    Najwa ShihabNajwa Shihab11 hari yang lalu
    • Wkwkwkwkwwkwkw sekarang udah seperti TV 2

      kyo kichikyo kichi4 hari yang lalu
    • -

      Annisa AhyarikaAnnisa Ahyarika7 hari yang lalu
    • 5

      Annisa AhyarikaAnnisa Ahyarika7 hari yang lalu
    • 3

      Annisa AhyarikaAnnisa Ahyarika7 hari yang lalu
    • L.

      Annisa AhyarikaAnnisa Ahyarika7 hari yang lalu
  • "Hanya di negara ini, kebebasan yang di atur atur" -rocky gerung

    Fikri AnugerahFikri Anugerah3 jam yang lalu
  • Yang penting harus berani jujur saja percuma orang pandai orang relegius orang pandai orang akademisi kalau nggak jujur cuma tayangan perdebatan jujur saja itu penting

    amit amit jabang bayiamit amit jabang bayi5 jam yang lalu
  • Ternyata pak jubir otak nya kurang cair karna kurang piknik heheheheh

    Siti ZuriahSiti Zuriah7 jam yang lalu
  • Panjul, bacott lo nyampah doang !!!

    Alfarisi AhmadAlfarisi Ahmad22 jam yang lalu
  • Yg jelas, Kalau pendukung pemerintah Laporan bisa Cepat diproses, tapi kalau bukan pendukung pemerintah, Mau Sampai kapan pun itu yaa Gitu Laah... Mau jadi Apakah negara ini kedepan nya ya,,, sekarang malah Miras di legalkan....😭😭😭😭

    istiqomah moslemistiqomah moslemHari Yang lalu
  • Di Indo setelah masa bakti jadi cerdas n bijak. Waktu dlm kekuasaan plonga plongo....

    Cello KonsengCello KonsengHari Yang lalu
  • Rul rul..tampak skli o'on nya

    Wiwi WiwiWiwi WiwiHari Yang lalu
  • Ahok kalau tidak di demo berjilid jilid lewat ngak di proses

    Romi OrieRomi OrieHari Yang lalu
  • Senjata mereka smp kiamat cuma 1, Ahok..hahahha..lihat sisi satunya..berapa banyak Fajroelllllll

    StargazerStargazerHari Yang lalu
  • Ga mau komen yg aneh2.....takut di ciduk

    Danil WirawanDanil WirawanHari Yang lalu
  • Mba tolong donk britanya anggota FPI yg tewas kisah kelanjutan nya kaya apa

    C_S fishingC_S fishingHari Yang lalu
  • Salahnya penguasa BUMN..kenapa memecat RH..akhirnya jadi anti pemerintah..

    NOLDIE ANDRE MUNTUNOLDIE ANDRE MUNTUHari Yang lalu
  • Ingin Sekali Sya Pindah Ke Planet Ploto.

    Danny DardackDanny DardackHari Yang lalu
  • Fajrul blom paham kali bang, jadi susah ngasih taunya

    mr tabzmr tabzHari Yang lalu
  • Sama-sama punya buzzer aj,ga sh saling menyalahkan, PKS, DEMOKRAT, JK,jga punya buzzer KADRUN ko,klo kalah narasi ngeluh BUZZER

    Ibnu KhotibIbnu KhotibHari Yang lalu
  • Pekok , hany jdi penjilat ,,, pekok jruylll

    dodok sambikolododok sambikoloHari Yang lalu
  • Korban ya..kasian....

    herson budiantoherson budiantoHari Yang lalu
  • Jangan terlalu sering berbicara bung Fajrul nanti makin keliatan begoknya

    EVOS CHICKENEVOS CHICKENHari Yang lalu
  • Alah UU ITE itu buat pertahanan para pemegang jabatan di pemerintahan aja gua ngomongin pemerintahan Yugoslavia ya

    EVOS CHICKENEVOS CHICKENHari Yang lalu
  • Mbak Najwa kalau bintang tamu itu mesti apple to Apple lah masak Apple to manggo nggak cocok kalau pak refli terlalu pintar beliau jadi keliatan begok lawan debat beliau jadinya

    EVOS CHICKENEVOS CHICKENHari Yang lalu
  • itu yang lapor ga jauh jauh.. paling juga Buzzer2 JOKOWI. yang benci islam dan ulama2 lurus. azrul biar kritis di jaman SBY klo dah nyemplung di empang kodok nyebong pula. coba si fazrul suruh bicara kasus penyiraman ke novel baswedan. murni kriminal atau korban2an

    dylan arsdylan arsHari Yang lalu
  • Kritiklah pemerintah jika merasa dirugikan tp mhn diberi alasan yg mendasar kemudian sipengkritik sebaiknya sampaikan solusinya utk dipertimbangkan bisa jd kritikan menjadi masukan utk pemerintah, tp jk kritik utk menyudutkan pemerintah tnp solusi apalagi jika penghinaan makian bagaiman jadinya negeri ini bisa maju dan jk terjadi pelecehan fitnah yg keji sy fikir wajar sj terjerat uuite, sebagai org awam sy hanya bisa mendengar menyaksikan selama ini🙏🙏

    Jumsiah SosJumsiah SosHari Yang lalu
  • tolong bapak jubir bedakan penyebutan singkatan bahasa inggris dan Indonesia.... Informasi & Tansaksi Elektronik itu pake bahasa Indonesia bukan bahasa inggris cukup I T E bukan ai ti ei.... wkwkwk salam dari masyarakat mu yg goblok.....

    Sulaiman DarmansahSulaiman DarmansahHari Yang lalu
  • fajrul,,,,menjijikkan opportunis !

    Hendriyana SoemantriHendriyana Soemantri2 hari yang lalu
  • fajrol sangat statis dlm debat yg tdk dinamis, dan sebagai juru bicara semacam ini tdk akan menghasilkan hal baik, fajrul melakukan kedunguan dlm komunikasi publik, krn tdk bisa menfhadirkan komunikasi dgn masyarakat ttg pidato jokowi, dia komunikasi caranya sendiri, yg kadang keliru dgn konten UU ITE,

    Waloyo WibowoWaloyo Wibowo2 hari yang lalu
  • Najwa saya ini tinggcal di lampung, saya ini bukan baZer , dan salya berkomentar di medsos atas ini siatip saya sendiri dan siapa yg bayar tdk ada sama sekali dan tdk ada yg nyuruh2 saya murni karna. Menurut saya kritik membangun itu beda sekali dg menghina mrnghujat mencaci mencela jadi berdasarkan itulah saya terpanggil utk komentar dan saya tdk ngerti politik yg jelas saya tidak berat sebelah kalau benar ya saya katakan benar dan kalau salah saya katakan salah!!

    Ririn HermanRirin Herman2 hari yang lalu
  • Fajroel vs refly harun ibarat anak kelas 5 Sd lawan mahasiswa

    lestari jayalestari jaya2 hari yang lalu
  • Fadjroel .jgn ungkit masalah Al maidah .

    Supriyadi OdiSupriyadi Odi2 hari yang lalu
  • RH sangat gak mutu...

    Beny aminBeny amin2 hari yang lalu
  • Acaranya aja gak mutu mau karet gak karet menngeritik ya pakai etika juga bukan alasan demokrasi .. UU ITE produk jaman siapa berkuasa tong ?

    Beny aminBeny amin2 hari yang lalu
  • Fajrul si tumpul

    Pak KendroPak Kendro2 hari yang lalu
  • Saya pilih Anies jadi Presiden ha.. ha... ha...

    Ainur GhaziAinur Ghazi2 hari yang lalu
  • ENAK JAMAN SUHARTO AMAN!!! KALIAN INGIN DEMOKRASI TANPA ATURAN? DEMOKRASI ADA ATURANNYA BUNG GAK ASAL BACOT DAN INTRIK POLITIK

    Wahid AshariWahid Ashari2 hari yang lalu
  • Viral dlu baru diusut😄

    Yurry ArdiansyahYurry Ardiansyah2 hari yang lalu
  • Laporan ke polisi tentang pelanggaran orang orang kubu politik penguasa itu buuaaanyak, cuma saja untuk khusus Ahok, dia tidak di backing penguasa, karena penguasa khawatir kredibilitasnya anjlok bila nolongin ahok, sementara sedang gencar2nya waktu itu penguasa ingin meraih simpati massa utk pilpres 2019, paham mas Fajroel. jangan pura2 ga tau hal inilah. logika anak SMP aja dah nyampe mahamin hal ini. BIsa jadi Ahok dikorbankan, ketika melihat person pro pemerintah yang lain dibela, sedangkan Ahok tidak, karena takut pencitraan penguasa yang telah dibangun luntur seketika.

    Reds MerseysiderReds Merseysider2 hari yang lalu
  • dudukmu aja sdh ga nyaman, apalagi hatimu, smg berkah hidupmu pak Jubir

    Akhmad AzizAkhmad Aziz2 hari yang lalu
  • Woy mas Refli... Seperti itulah yg dialami pak ahok pada saat kunjungan ke pulau seribu..pendengar dan yg menyaksikan ga ada yg protes/melapor ada unsur penistaan agama.justru orang lain yg melaporkan dgn editan vidio.ngaca dulu kamu Refli.bacot gede prestasi zonk 👎👎👎

    Icha MitaIcha Mita2 hari yang lalu
  • Bagaimana kalo orang sakit hati pada pemerintah berkomentar ...

    Arie WieyonoArie Wieyono2 hari yang lalu
  • Ga jilat ga makan bos ???

    JustChill DudeJustChill Dude2 hari yang lalu
  • tetap semangat bapak president.

    akay usakay us2 hari yang lalu
  • Ada 2 ahli beda pendapat...!

    Yanto 38Yanto 382 hari yang lalu
  • RH obyektif dong...! Jgn karena dipecat lalu berpendapat miring...! Sdr kan Prof yang profesional...!

    Yanto 38Yanto 382 hari yang lalu
  • Kritik ...! Mana mungkin dilpanggil polisi..! Bedakan mengritik dan menghujat atau memaki....! Salam akal sehat jgn dungu..!

    Yanto 38Yanto 382 hari yang lalu
  • Bro.....nara sumber model ini.......???

    Nyoman WitastraNyoman Witastra2 hari yang lalu
  • Baru ngeh nih kata pak fajroel data pengguna internet periode sekian 300jt an, di periode selanjutnya naik 800jtan, dan membandingkan data pelaporan hukum. Yang jadi pertanyaan mungkin itu data pengguna di seluruh dunia kali ya bukan di indonesia, soalnya rakyat indo aja gk sampe 300jt

    Muhammad Alfi AlfaridziMuhammad Alfi Alfaridzi2 hari yang lalu
  • Ketegasan pemipin negara lemah, , kepercayaan terhadap aparat penegak hukum apa lagi , terus Apakah murni lemah atau permainan lawan politik

    agus alwiagus alwi2 hari yang lalu
  • Yok bertaubat,kiamat sudah dekat,jgn kita kebanyakan ngomong aja

    Forum silaturahmi komunitas Masyarakat aceh bersatuForum silaturahmi komunitas Masyarakat aceh bersatu2 hari yang lalu
  • saya termasuk orang yang takut kritik pemerintah, akhirnya cuma jadi obrolan dengan teman

    Dimas FerdinandDimas Ferdinand3 hari yang lalu
  • UU ITE di ubah apa yang salah sedangkan dunia bisa berubah dan di ubah

    Djeni HumenaDjeni Humena3 hari yang lalu
  • Orang goblok kayak fajrul kok bisa di lingkaran istana? mungkin pintarnya di bagian suka potong pembicaraan orang lain

    Zeus RabbyZeus Rabby3 hari yang lalu
  • dalam presiden sby itu nggak ada buzzer jahat kaya bikinan sekarang....yg laporkan buzzer.....

    Supri YadiSupri Yadi3 hari yang lalu
  • Ok

    jonbudijonbudi3 hari yang lalu
  • Fix, buzzer musuh bersama!!

    Firdaus Roja'iFirdaus Roja'i3 hari yang lalu
  • Ahok waktu itu terpaksa diadili krn tekanan publik sangat masif. Tapi pembalasan dendam nya thd kelompok Islam berkali2 lipat dan berlanjut sampai sekarang. Orang kalo masuk rezim jokowi otaknya mendadak rusak parah kayak yg satu ini ...

    Muchtar AjaMuchtar Aja3 hari yang lalu
  • Bnyak Rakyat yg mana ya yg lapor masalah kritik d dunia sosmed, mungkin rakyat buzzer yg lapor ya,, jdi lah UU ITE yg d tmbahin

    senja azzulasenja azzula3 hari yang lalu
  • fajrul aktivis kaleng....oportunis!!! menjijiken!

    Madha YudiMadha Yudi3 hari yang lalu
  • Setelah abu gosok kena auto revisi kan bangke.... Selama ini kmna aja bnyak banget yg bersebrangan dengan penguasa yg jadi korban UU ITE Dan kasus ahok itu bukan delik aduan Itupun karna ummat turun semua aja kejalan kalau kaga mah gabakal di proses

    Adi TrianaAdi Triana3 hari yang lalu
  • Tukang ngeles kok sensi orang ngejawab 😂

    Hafidz FadillohHafidz Fadilloh3 hari yang lalu
  • C fadjrol lieur

    Ika MulyanaIka Mulyana3 hari yang lalu
  • Di dalam kasus ahok. Pantaskah, dan benarkah ahok mengutip ayat Al Qur'an. Sedangkan dia bukan org islam ? Jawab fajrul..

    mama auramama aura3 hari yang lalu
  • Halah percuma group pasukan sakit hati ..gak slesai2 lah..kasus ahox mah sdh slasai gak lari dari masalah ..lah...lah...dasar lah mnding bagi2 nasbung lagi ..apa kangen kumpul2 bagi2 nasbung ya

    J0πh CeπaJ0πh Ceπa3 hari yang lalu
  • we stand for Bung Refly #Bung Refly jangan dilawan, Beliau ahli hukum Tata Negara

    Fariza Ismir ImanFariza Ismir Iman3 hari yang lalu
  • Aku sangat berfikir positif....penjara penuh orang kritik dan presiden baru sadar karna baru dapati laporkan oleh polri... Presiden gak mau keluarin anggaran untuk memperluas penjara 🤣 btw ni jubir banyak topengnya sebenarnya pro ke presiden atau ke tuanya sih

    Fajar arjakenFajar arjaken3 hari yang lalu
  • Cape..ngebahasnya. Intinya semua manut pada kepentingan.

    Hermawan FegazHermawan Fegaz3 hari yang lalu
  • Tanya : "kalo si FR itu goblok termasuk delik aduan atau delik umum ?" Jawab : "Ooh... kalo itu termasuk DELIK TAKDIR."

    MytwinPrimMytwinPrim3 hari yang lalu
  • pak jubir soalnya di jaman pak SBY gak ada buzzer. itu bedanya

    wahyudi yudiwahyudi yudi3 hari yang lalu
  • Lucu bah jubir istana

    Riandi SaputraRiandi Saputra3 hari yang lalu
  • Kritik nyinyir fitnah berbeda

    Muhammad SodikonMuhammad Sodikon3 hari yang lalu
  • Sy bukan buzzer Tp sy dukung bung fajrul

    Muhammad SodikonMuhammad Sodikon3 hari yang lalu
  • Fajrul Fajrul..... Tuh dengerin ahli hukum ngomong...

    Husein Yafiq 2Husein Yafiq 23 hari yang lalu
  • Fajrul ini otaknya di mana ngomongnya apa,,,gagal paham,,apakah ini yg dimaksudkan oleh p mahfud???sistim politik Indonesia malaikat pun kalau gabung bisa jadi setan(mahfud md)..

    Reski AfrianaReski Afriana3 hari yang lalu
  • Bang refli knapa kasus ahok diperkarakan, tp kasus somad yg hina salib jg g d proses jg? Ahok hanya korban lawan politiknya yg buat framing cap penista agama n yg dikatakan ahok jg benar bahwa banyak orang menjual agama demi ambisi politiknya. Berbicara mengenai kritik....kritik n fitnah itu beda, yg ada banyak orang yg berbicara atas nama kebebasan dg keblablasan, yg ada cenderung hoax n fitnah.

    Cakra NarutoCakra Naruto3 hari yang lalu
  • Loe ini ngomong apa rolll

    Tasman TasmanTasman Tasman4 hari yang lalu
  • Heeee fazrul ... anda klau tdk merasa agama mu di hina ahok ya sdh jgn banyak ngomong loe

    Tasman TasmanTasman Tasman4 hari yang lalu
  • Fajroel:Ahoax korban?? Si fajroel muslim apa kafir?

    ABDABD4 hari yang lalu
  • Ahoax juga gak benar benar dipenjara

    ABDABD4 hari yang lalu
  • Uu ite di revisi....mau jadi pahlawan gitu... di akhir kepemimpinan mau di anggap baik gitu...mau di anggap pahlawan gitu. Sudah berbuat cuci tangan... 3 tahun sebentar loh trus jd rakyat biasa loh...

    Tio KartiosipTio Kartiosip4 hari yang lalu
  • Klo panjul ngomong kok gw yg malu yak😅

    CR GamingCR Gaming4 hari yang lalu
  • Fadjroel : ini negara merdeka..

    Narev IgorovNarev Igorov4 hari yang lalu
  • Ohh jadi masih sakit hati masalah dki itu ceritanya.. Berapa banyak korban loh bang fajroel. Berapa banyak lagi dendam itu menghancurkan bangsa ini. Capek bang ribut terus.

    iqbal Muttaqiniqbal Muttaqin4 hari yang lalu
  • Bunga Pajul tetap nanya korban apa bukan padahal udah di jawab bukan delik aduan terus pajrul maunya jawaban sepeti apa si ko udah kaya ujian SD ja kalo pertanyaan di sertakan pilihan jawaban bung pajrul huaddeeeueh

    IZTY CHANNELIZTY CHANNEL4 hari yang lalu
  • si panjul lapar ngamuk, kenyang bego :v

    rita lubisrita lubis4 hari yang lalu
  • Bang refly memang cakep cerdas deh superr 🤗

    Yugi beybeuhYugi beybeuh4 hari yang lalu
  • Fajrul "Anda tidak tegas" Refly "Ini bukan delik aduan". & Fajrul pun diam..

    La Ode Muhammad Ali AkbarLa Ode Muhammad Ali Akbar4 hari yang lalu
  • 251 kasus jaman SBY... BUKAN DI KASUSIN

    Arv Z WarArv Z War4 hari yang lalu
  • Demokrasi paling aneh

    ainan jalutianainan jalutian4 hari yang lalu
  • Si jrul jadi lebay.. idiihh genit genit manja kl ngomong nya

    diag nozadiag noza4 hari yang lalu
  • jrul fuckjrul mbuletttt wae koyo entut

    Ego WarazEgo Waraz4 hari yang lalu
  • Pajrul bingung wkwkwk

    hpi rizalhpi rizal4 hari yang lalu
  • Wis waleh ngrungokke sampeyan p jul

    Arsy TaArsy Ta4 hari yang lalu
  • Panjul jubir presiden kok muter 2 bikin neg

    Sukandar S.Sos, MMSukandar S.Sos, MM4 hari yang lalu
  • Mbak Najwa, kalau undang narsum untuk berdebat yg berimbang dong. Kalau Fajroel disandingkan dngan Prof. Refly ya kayak siswa TK lawan Mahasiswa. Nggak paham dan nggak nyambung

    Muhamad FauzanMuhamad Fauzan4 hari yang lalu
  • Pak Jul awalnya saling melaporkan itu dari buzzerrp istana,yg menariknya laporan dari buzzerrp lngsng di tindaklanjuti dng penangkapan dan yg lbh menarik lg laporan dari lawan politik cm dianggap sampah...kalo tdk ada keadilan disuatu negeri tinggal menunggu waktunya...

    Supriadi GustomSupriadi Gustom4 hari yang lalu
  • kalo ada yg masih membela ahok silahkan ikutin jejak kasusnya kalau mau lihat apa yg bakal terjadi lagi ..bpk pahrul monggo ikutan jejak kasusnya anda berani ???

    Tri HidayatTri Hidayat4 hari yang lalu
  • Prihatin karana abu janda dilaporin, kan buzzernya sendiri wkwk gagal lagi masukin buzzer pemerintah

    Yuda PratamaYuda Pratama4 hari yang lalu
  • Nyemplung kolam langsung DUNGU!

    Edward -Edward -4 hari yang lalu
  • Like : rezim jokowi, terhancur dan perusak hukum Komen : like

    Muh.Ridwan IdrisMuh.Ridwan Idris4 hari yang lalu
  • Roel Fajroel..paham gak?

    Nanang TukangNanang Tukang4 hari yang lalu
  • Fajrul pas bgt deh klo duet sm profesor henry

    Yoga Eka PrawitaYoga Eka Prawita4 hari yang lalu
IDworlds