Apa yang Terjadi Setelah Kita Mati?

3 Mar 2021
559 127 Ditonton

Sadar ngga sadar, setiap saat waktu berjalan, hidup kita makin mendekati akhirnya. Bahkan tiap dua detik, satu orang manusia meninggal dunia. Mungkin inilah kenapa, selain kegelapan dan ketinggian, kematian juga jadi sesuatu yang ditakutin banyak orang. Baik kematian diri sendiri, ataupun orang terdekat. Tapi, apakah ini berarti kematian itu hal yang buruk dan mengerikan? Apa yang terjadi setelah kita mati? Enjoy the video!
---
Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!
---
FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!
Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects
Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink
---
Follow our social media for more updates, stuff and facts!
Facebook: facebook.com/kokbisachannel
Instagram: instagram.com/kokbisa
Line: bit.ly/linekokbisa
Twitter: twitter.com/kokbisachannel
---
For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com
---
References:
ourworldindata.org/births-and-deaths
www.bbc.com/future/article/20150508-what-happens-after-we-die
www.nia.nih.gov/health/what-happens-when-someone-dies
www.sciencedirect.com/topics/nursing-and-health-professions/livor-mortis
www.newscientist.com/article/2229715-humans-are-cooling-down-so-average-body-temperature-is-no-longer-37c/
www.sciencedaily.com/releases/2010/12/101222121610.htm
www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1087184504001938
journals.plos.org/plospathogens/article?id=10.1371%2Fjournal.ppat.1002808
theconversation.com/when-is-dead-really-dead-study-on-pig-brains-reinforces-that-death-is-a-vast-gray-area-115750
idworlds.info/from/07ellZbZmmWTh9U/video
idworlds.info/from/mt1kjtbNpIaDjLc/video
futurism.com/the-physics-of-death
www.sciencenewsforstudents.org/article/recycling-dead
www.britannica.com/story/what-happens-to-our-bodies-after-we-die
www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0167701214002127
---
Credits:
- Kevin MacLeod for awesome music
- Tiffani Angelica, for this episode's end narrator (instagram.com/tiffaniangelica)
- And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!

Komentar
  • Temen-temen, Kobi jadi penasaran nih. Apakah kalian... takut kematian? Kalau iya kenapa, kalau engga kenapa?

    Kok Bisa?Kok Bisa?Bulan Yang lalu
    • Q

      Christine TinnChristine Tinn3 hari yang lalu
    • 2

      Christine TinnChristine Tinn3 hari yang lalu
    • takut mati; takut doi kesepian 🙂

      Aldi RivaldoAldi Rivaldo3 hari yang lalu
    • Takut mati karena ngerasa kurang amalan sedangkan dosa tetep ngalir

      Dilly kurniawatiDilly kurniawati4 hari yang lalu
    • iya kK aku takut kematian karena nanti di alam kubur sana bakal ada malaikat munkar dan nakir dan kita dicabut nyawa sama malaikat pencabut nyawa lupa aku siapa namanya malaikat pencabut nyawa yg bisa jawab tolong kasih tau ya

      Nabila NihayaNabila Nihaya9 hari yang lalu
  • 0:49 ternyata Beth harmon suka makan bakso

    I II I5 jam yang lalu
  • Setuju. Hidup ini singkat, mumpung masih ada waktu. Nikmati saja teknologi yg ada. Selagi masih mampu untuk beli

    Raditya KesumaRaditya Kesuma8 jam yang lalu
  • Maha besar Allah

    PARHANPARHAN12 jam yang lalu
  • Thumbnail bilek: Loh kok gw di kubur >:(

    Bebek BiruBebek BiruHari Yang lalu
  • Alamak ini sakit lul kamu jadi lemas hati 2 ada mati ini: 2000

    Nando OkeNando OkeHari Yang lalu
    • Lu masih waras kan?

      Comrade SiriusComrade Sirius21 jam yang lalu
  • 0:30 MA-MA-MA-MAMARTINNN!!!

    Fadil KurniawanFadil Kurniawan2 hari yang lalu
  • Hal yg lebih masuk akal, orang mati seperti tidur tidak merasakan sakit,emosi,ingatan dll.

    Ultra ZBrotherUltra ZBrother3 hari yang lalu
  • Bila waktu telah berhenti

    Irene PongarrangIrene Pongarrang4 hari yang lalu
  • Intinya kalo koe mati, koe masih berguna

    DropInNightDropInNight4 hari yang lalu
  • Seperti nya admin aethis 🗿👌

    NolpxBNolpxB4 hari yang lalu
  • Semua yg bernyawa akan merasakan mati

    Labomba TVLabomba TV5 hari yang lalu
  • Kok bisa banyak yutuber asing di indonesia mulai dari korea plastik ama bule??

    Fikri FikriFikri Fikri6 hari yang lalu
  • Kematian harus di rindukan karena akhir dari fitnah dan.caci maki😀

    MUHAMMAD ASRARI HAMIDMUHAMMAD ASRARI HAMID7 hari yang lalu
  • Semoga ketika gw mati, ada yang anterin mayat gw utk dimakan buaya.

    Supriyanto TjhinSupriyanto Tjhin7 hari yang lalu
  • Ngga seru

    bhisma candra kiranabhisma candra kirana8 hari yang lalu
  • game untuk ditamatin hmmm namatin minecraft udha growtopia udah roblox nyerah

    Muhammad Badar AgungMuhammad Badar Agung9 hari yang lalu
  • Rigor mortis atau rigor mormist kaya lagu nya pvz

    Nurlela NowodjatiNurlela Nowodjati9 hari yang lalu
  • Mati bukanlah akhir

    jayaajayaa9 hari yang lalu
  • Sedangkan manusia yg amal buruk y lebih banyak dia yg masuk neraka

    Dawina VanessaDawina Vanessa10 hari yang lalu
  • Semua Manusia yg mati di hari kiamat tdk kn hidup lagi berinkarnasi.semua kan di matikan semua oleh allah swt dan semua manusia kn dibangkitkan semua.untuk dihitung amal baik amal buruk .yg banyak amal baiknya rajin ibadah itu yg masuk surga

    Dawina VanessaDawina Vanessa10 hari yang lalu
  • Tiba hari kiamat datang baru deh neraka dan surga di buka pintu y.sistem ber inkarnasi ditutup

    Dawina VanessaDawina Vanessa10 hari yang lalu
  • Tdk langsung masuk surga atau neraka.sebelum kiamat .jdi pada intinya setiap manusia mati untuk hidup kembali di kehidupan yang baru ber inkarnasi jdi manusia kembali atau jdi hewan binatang.tergantung perbuatan mereka dimasa hidupnya

    Dawina VanessaDawina Vanessa10 hari yang lalu
  • Sedangkan untuk manusia yg kafir hidupnya berbuat maksiat berfoya foya hidup penuh kekayaan harta tapi tdk digunakan untuk beramal tidak beribadah ,selalu berbuat jahat hidupnya mereka manusia kafir mati ber inkarnasi jdi binatang hewan bro.

    Dawina VanessaDawina Vanessa10 hari yang lalu
  • Selama dunia belum kiamat hari kiamat belum tiba setiap manusia yg mati berinkernasi sebagian manusia yg hidupnya rajin ibadah berbuat baik bersedekah mereka mati untuk ber inkarnasi jdi manusia lagi

    Dawina VanessaDawina Vanessa10 hari yang lalu
  • Anjay sfx mati nya wkwkwkw

    TEGER45TEGER4511 hari yang lalu
  • Ya seperti orang tidur

    Disa 012Disa 01211 hari yang lalu
  • eh kamu kamu tidak boleh kata yang. bilang mati kamu bikin konten. hanya tahunya terus

    Dandy DermawanDandy Dermawan11 hari yang lalu
  • jadi setan

    Dandy DermawanDandy Dermawan11 hari yang lalu
  • Di Vidio pasti ada bakso😀

    lisbet purbalisbet purba12 hari yang lalu
  • Eh ada beth harmon

    savadhira BJsavadhira BJ12 hari yang lalu
  • 🤲🙂

    Yuli Fitria44niYuli Fitria44ni12 hari yang lalu
  • 🙂

    Yuli Fitria44niYuli Fitria44ni12 hari yang lalu
  • Abang udh siap belum?

    A.Rayhans JKTA.Rayhans JKT13 hari yang lalu
  • Ada suara klakson motor di menit 1:09 wkwkwkwk

    Rivamika1229Rivamika122914 hari yang lalu
  • Masyaallah💚 Lebih bersyukur dan tafakur . Terimakasih tim Kok bisa🙏

    Indra ChannelIndra Channel15 hari yang lalu
  • Channel = sains dan teknologi Pembahasan = kejadian setelah kita mati menurut sains Para mabok agama = wahh parah lu setelah kita mati ya masuk alam bla" ..sudah di jelasin di kitab agama gw.. lu nggk percaya agama gw lu berdosa, masuk neraka ,lu di siksa, pokok nya lu salah..agama gw paling bener .. Sungguh ironis syekalii

    Ryan JulyRyan July15 hari yang lalu
  • Beberapaaa oraaanng memaafkaaaan

    Zakimaulah29Zakimaulah2916 hari yang lalu
  • 0:30 Teringat martennn :>👍🏻

    Regita A.R 2008Regita A.R 200816 hari yang lalu
  • jadi jika kita merasa tidak berguna kita bisa mati saja karena itu lebih bermaanfaat untuk dunia maaf canda om :)

    alone TMalone TM16 hari yang lalu
  • Kenapa setiap orang puya cita2 yg berbeda ??

    Sri HartutiSri Hartuti16 hari yang lalu
  • Setelah kita mati jadi nama aja :v

    Kucheeng HitamKucheeng Hitam17 hari yang lalu
  • 2:00 CO² itu mah bisa aja menyebabkan efek rumah kaca

    Doreen GunawanDoreen Gunawan17 hari yang lalu
  • 1:56 Siska kohl:melon yubari adalah melon paling mahal gais harganya cuman 300juta dan higenis mari kita cobaa~ Mayat yang ngeluarin zat untuk diserap pohon dan menjadikan oxigen & membangun kehidupan baru bagi tumbuh tumbuhan bilaik:🗿

    Olipp iaOlipp ia17 hari yang lalu
  • Jadi makin semangat hidup habis nonton ini:)

    Lichel MusicLichel Music18 hari yang lalu
  • MARTIN!!!!

    Eni KusriniEni Kusrini18 hari yang lalu
  • terima kasih, videonya bagus sekali

    yssunjokoyssunjoko18 hari yang lalu
  • Bang memang abang pernah mati😀😀

    DRAGON• GAMINGDRAGON• GAMING18 hari yang lalu
  • Asal usul tulisan yg biasa kita pergunakan sehari hari (alfabet) atau apa lah itu istilahnya hehe, darimana, kapan tercipta, dan mengapa dijadikan/dipilih sebagai tulisan/bacaan secara global atau internasional?

    Alvian SamdiAlvian Samdi18 hari yang lalu
  • Knapa manusia atau hewan yg memiliki anggota badan yg masih utuh tanpa berkurang suatu apapun bisa mati ? Tanpa kecelakaan tanpa jatuh dll Mengapa jantung bisa berhenti memompa darah saat usian sudah tua? Apa yg terjadi? Jika tak ada part yg hilang dalam tubuh mengapa bisa mati? Lalu bagai mana penjelasan ko bisa mengenai soul atau jiwa atau ruh?

    Abra SamarAbra Samar18 hari yang lalu
  • Tanya min: apa yang akan terjadi jika matahari mengelilingi bumi ? #tanyakokbisa #kokbisa?

    ilmu itu Pentingilmu itu Penting19 hari yang lalu
  • Ngabers: Makan ayam

    MikeMike19 hari yang lalu
  • Ma ma Martin!!

    Kana chan_Kana chan_19 hari yang lalu
  • Kok ga ada azab

    Si Bunga RayaSi Bunga Raya19 hari yang lalu
  • Berani hidup jangan takut mati, takut mati jangan hidup, takut hidup mati saja.

    Antoni PancaAntoni Panca19 hari yang lalu
    • 🗿

      avarid.avarid.19 hari yang lalu
  • Pengen ngasi pertanyaan nih buat video selanjutnya, *Kenapa jaman dlu ada ejaan lama kayak oe dan lain2 *Siapa yang mencetuskan ejaan baru Segitu dlu pertanyaannya semoga dibikinin video hehe

    Fio's DailyFio's Daily19 hari yang lalu
  • Yang paling penting persiapin amal juga, soalnya kematian itu adalah kehidupan baru di akhirat yg menjadi penentu tempat kita yg abadi

    Abrar YahyaddinAbrar Yahyaddin19 hari yang lalu
  • Bagaimana penjelasan ilmiah perasaan yang sakit hati, bahagia dan prihatin?

    BASTIAN VIERIBASTIAN VIERI19 hari yang lalu
  • Setakut-takutnya sama kematian lebih takut lagi ama Public Speaking

    Farrel RFFarrel RF20 hari yang lalu
  • Takut kematian:enggak Tugas vidio :iya

    Fatma WatiFatma Wati20 hari yang lalu
  • Martin dimarahin wkwkwk

    Zack SembaraZack Sembara20 hari yang lalu
  • Episode kali ini keren bgt:)

    NesiaNesia20 hari yang lalu
  • 0:27 ada mmmmmartin

    Semangka_ _GamingSemangka_ _Gaming20 hari yang lalu
  • 0:36 Martin dan malaikat putih refrence (vernalta)

    Tokki. EXPTokki. EXP20 hari yang lalu
  • Jadi tulang

    Alex Xsuan Pig SSAlex Xsuan Pig SS21 hari yang lalu
  • Siapa Disini Yg Cita Citanya Pingin Mati

    Contoh 1Contoh 121 hari yang lalu
  • Setiap Yang bernyawa dan bernafas pasti akan MATI

    Ahmad GifariAhmad Gifari21 hari yang lalu
  • Setiap konten kayaknya bakso mulu min

    Ahmad ManzhorunAhmad Manzhorun21 hari yang lalu
  • Itu lah kenapa mayat harus dikubur ... selain bermanfaat utk tanah dan alam, biaya penguburan itu murah dan tak merusak lingkungan

    Son of NandemonaySon of Nandemonay22 hari yang lalu
  • Gw jadi semangat mati

    NAUFALNAUFAL22 hari yang lalu
  • كل نفس ذائقة الموت وإنما توفون أجوركم يوم القيامة فمن زحزح عن النار وأدخل الجنة فقد فاز وما الحياة الدنيا إلا متاع الغرور Setiap yg bernyawa pasti akan merasakan kematian🥺 Orang yang Allah singkirkan dari neraka menuju Surga-Nya, artinya ia tidak masuk neraka, itulah keberuntungan yang hakiki🥰

    Umar Abdul Aziz Al-HuseiniUmar Abdul Aziz Al-Huseini22 hari yang lalu
  • 0:15 kocak

    Mahes WaraMahes Wara23 hari yang lalu
  • keren lu min hahaha

    UnknownUnknown23 hari yang lalu
  • bermanfaat banget

    arsya ardianarsya ardian23 hari yang lalu
  • 😊

    ruru Artruru Art23 hari yang lalu
  • Mimin mau nanya kenapa aku/kami suka nonton konten kalian?😃

    Suci Tiara KtSuci Tiara Kt24 hari yang lalu
  • Min pertanyaan nya ? : apakah sesudah kita mati akan masuk surga

    Sondang Bonatua SimatupangSondang Bonatua Simatupang24 hari yang lalu
  • Marten dan bang Dartin

    Sari RoraSari Rora24 hari yang lalu
  • Jadi siapa yang mau mati? (bercanda)

    Rafa CaesarRafa Caesar24 hari yang lalu
  • Aku setelah melihat video ini : * MERASA JANTUNG KU BERHENTI BERDETAK * :,) *

    sjbakagsjsuqhksgdsjbakagsjsuqhksgd24 hari yang lalu
  • Kita semua calon mayat, tinggal tunggu siapa duluan yg jadi

    Dani RidwanDani Ridwan24 hari yang lalu
  • Dapat gelar Alm

    Muhammad aldy Pratama putraMuhammad aldy Pratama putra25 hari yang lalu
  • Apa kah setiap agama ada surga dan Neraka ☺ klau islam jelas ada... Klau yg lain gk tahu?

    Heru Setiawan ChanelHeru Setiawan Chanel25 hari yang lalu
  • p

    haryoko yokoharyoko yoko25 hari yang lalu
  • Oy martin

    Alyssa Cylene AnimätionAlyssa Cylene Animätion25 hari yang lalu
  • 1:07 ku mendengar motor

    Uwai OhohoUwai Ohoho26 hari yang lalu
  • kak megaladon kok bisa sebesar raksasa kan dari kecil hiu biasa

    ilhamilham26 hari yang lalu
  • Masuk isekai :v

    Allan Windra NatalianoAllan Windra Nataliano26 hari yang lalu
  • 👌👍😑🙂🤣 Yang ngerti aja

    christo christochristo christo26 hari yang lalu
  • Kok tahu?? Emang nya pernah mati? :v

    pecinta kucingpecinta kucing26 hari yang lalu
  • Kek Martin itu 😂😂😂

    Chitoge KirisakiChitoge Kirisaki26 hari yang lalu
  • "Apa yang terjadi setelah kita mati?" *"MAN RABBUKA?"*

    TAKEDAE - SHIRUDOTAKEDAE - SHIRUDO27 hari yang lalu
    • @Mishael J Nah Logic! W suka komentar kek ginian🗿👍🏻👍🏻👍🏻

      TAKEDAE - SHIRUDOTAKEDAE - SHIRUDO19 hari yang lalu
    • Yang Terjadi setelah kita mati? "Tukang kubur Jenazah sama tukang angkat peti Dapet Uang"

      Mishael JMishael J19 hari yang lalu
    • "ALLAHU RABBUKA" (ALLAH TUHANKU)

      HasGamingHasGaming23 hari yang lalu
  • Alhamdulillah, semoga meninggalpun kita tetap memberikan manfaat untuk makhluk hidup lainnya

    Yusriyah RahmahYusriyah Rahmah27 hari yang lalu
  • Boro2 mikirin yg terjadi setelah mati, mikirin MASALAH HIDUP aja udah serasa mau MATI

    Gosip GoogleGosip Google27 hari yang lalu
  • Dan mati adalah hal yg indah karna mati adalah awal kehidupan untuk kehidupan bumi kita dan alam semesta

    Daniel JonesDaniel Jones27 hari yang lalu
  • 0:38 ma ma martin

    Entity EXEEntity EXE27 hari yang lalu
  • bagus sekali videonya

    Farhan HilalFarhan Hilal27 hari yang lalu
  • 0:14 Oof

    Martin ChannelMartin Channel27 hari yang lalu
  • Martin

    Rafael SurbaktiRafael Surbakti27 hari yang lalu
  • Apa yang terjadi, kalau manusia tidak ada yg mati, ayooo di UP UP 👍👍

    F&B TREVF&B TREV27 hari yang lalu
IDworlds